Yuk simak hubungan antara mitos Awet Muda dengan Air Mandi.

Mandi dengan air segar yang dingin sangat bermanfaat dan penyembuhan. Mandi dengan air segar pegunungan yang bersih alami dan dingin alami, dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih, meredakan stress, membawa aliran darah lebih ke organ Anda, membantu detoksifikasi tubuh Anda, menyeimbangkan hormon, merevitalisasi chakra dan membersihkan medan aura.

Hal ini Puteri ketahui dari beberapa catatan harian beberapa orang Puteri Keraton Kerajaan Jaman dahulu.

Juga dari pengalaman pribadi sendiri (percobaan 3 bulan dengan terapi mandi air dingin pegunungan) pikiran jadi jauh lebih positif, hal-hal yang biasanya akan mengganggu fokus akan terpental, tingkat energi lebih kuat dan  merasa lebih ringan dan lebih fokus.

Puteri secara pribadi mengetahui sumber air pegunungan semacam Sumber Air Gunung Penanggungan, terutama Pemandian Jolotundo atau pemandian Sumber Tetek (Belahan), mampu memberikan kesegaran air pegunungan alami.

Jolo Tundo
Sumber Tetek as known as Candi Belahan

Sumber air alami semua Gunung yang masih menyimpan kandungan air mineral juga baik untuk dibuat terapi mandi air dingin alami pegunungan, untuk kulit lebih muda, halus, cerah cemerlang, dan lebih baik.

Sumber Tetek atau juga dikenal sebagai Candi Belahan

Sumber air di Sumber Tetek ini sangat segar, alami pegunungan dari mata air 3 Gunung yaitu : Gunung Penanggungan, Gunung Welirang dan Gunung Arjuno, telah ada dan dibangun sejak Jaman Prabu Airlangga, pada tahun 1100 masehi.

Mandi dingin bisa menjadi sarana Puteri Jaman dulu meremajakan kulit, apa saja khasiat mandi air dingin alami ? simak berikut ini :

  1. Melepaskan Endorfin

Mandi air dingin pegunungan mampu melepaskan endorfin alami ke dalam aliran darah dan otak. Ini meningkatkan suasana hati kita. Bahkan jaman dahulu banyak Puteri yang percaya mandi dingin dapat membantu meringankan gejala depresi atau kalau jaman sekarang lagi bete dan suntuk mungkin.

2. Meredakan ketegangan.

Ketegangan umumnya memblokir energi positif, dan mandi air dingin membantu melepaskan blokir pada energi. Aliran energi yang lebih baik sama dengan lebih santai dan mengurangi stres Anda.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Air dingin merangsang aliran darah ke inti dari tubuh Anda membawa aliran darah yang lebih baik ke organ dan kelenjar. Peningkatan aliran darah sama dengan lebih banyak oksigen dan sehat Anda.

4.  Segarkan tubuh dari dalam

Air dingin yang mengkontraksi otot Anda, mampu untuk mendorong pembilasan dari racun. Dengan peningkatan sirkulasi, pembuangan racun dan patogen jauh lebih efisien.

5. Menghapus negatif dari aura Anda

Ketika aura Anda kuat bertindak sebagai perisai pelindung. Ketika rapuh atau rusak dapat meninggalkan Anda terkuras dan habis. Mandi dingin sangat baik untuk membersihkan, mengangkat dan memperkuat medan energi di sekitar tubuh Anda.

Beberapa praktisi energi medan aura percaya jika kita banyak terpapar energi negatif di tempat umum karena berpapasan dengan banyak orang yang sedang frustasi, maka cepatlah mandi atau membasuh diri. Ummat Islam beruntung karena bisa membasuh diri dengan air bersih segar minimal 5 kali dalam sehari,  hal ini selain kebersihan juga berguna untuk melunturkan dan menghilangkan energi negatif.

6. Membersihkan chakra Anda.

Air dingin mampu membersihkan cakra Anda. Sebuah cara sederhana untuk membersihkan dan merevitalisasi Cakra energi tubuh. Pastikan air dingin mencapai semua chakra, khususnya chakra tenggorokan dengan cara membasuh leher.

7. Menguatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mandi air dingin alami pegunungan mampu memperbaikan sirkulasi, menghapus lebih efisien dari racun dan aliran oksigen yang lebih baik ke seluruh tubuh Anda semua mendukung sistem kekebalan tubuh lebih sehat.

8. Mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda sakit ringan, penat, letih, maka tubuh Anda bekerja lebih efektif dalam penyembuhan dan memperbaiki diri dari penyakit.

9. Mengembalikan tingkat energi Anda.

Setiap mandi air dingin meningkatkan aliran energi ke seluruh tubuh Anda, melepaskan kelelahan dan kelesuan, Anda. Juga menyebabkan perasaan segar dan terangkat.

10. Menjadi 100% Fokus

Tanpa diragukan lagi mandi air dingin alami pegunungan membuat Anda fokus 100%. Mandi 15 menit dengan air dingin segar alami, tanpa kandungan klorin, kaporit dan unsur kimia berbahaya, membuat fokus kita meningkat.

11. Murah dan ramah lingkungan.

Sebenarnya enak ya kalau bisa mandi air dingin yang segar setiap hari, hemat energi dengan tidak menggunakan air panas yang mungkin akan memboroskan gas atau listrik untuk memanaskannya.

12. Menghapus pikiran negatif.

Kita tahu bersama bahwa sel-sel kita  mengandung air, dan air memegang kunci memori pikiran kita. Maka pikiran dan gaya hidup kita tergantung pada tingkat kejernihan, kelayakan dan kebersihan air yang kita konsumsi. Biasakan mandi air dingin alami, kalau bisa alami pegunungan, karena bisa membantu membersihkan sel-sel dari berpikir negatif, dan meningkatkan cara menjadi lebih positif dalam berpikir.

Ummat Islam sekali lagi beruntung karena membasuh kepala minimal 5 kali sehari, selain menjaga kebersihan, secara medan energi akan mengikis pikiran negatif.

Pedoman mandi air dingin:

Jaman dauhulu, para puteri biasa mandi 2 kali atau lebih dengan air dingin pegunungan dalam sehari.

Ingat, jaman dahulu bukan pakai shower air panas.

Jaman dahulu kala -pembaca boleh membuktikan di kitab kuno apa saja-, tidak ada Puteri jaman dulu yang mandinya pakai air panas, atau air yang dipanaskan kemudian dibuat mandi. Tidak ada hal semacam itu 🙂 🙂

Lain halnya jaman kekinian di kota besar yang sibuk, mandi pakai air ledeng yang dipanaskan sudah menjadi gaya hidup setiap hari.

Bayangkan, air ledeng yang mengandng klorin, kaporit dan bahan disenfektan kimiawi kemudian dipanaskan melalui pipa tembaga di alat pemanas, dan dibuat mandi oleh puteri jaman sekarang. Lha, mana bisa disebut menyegarkan dan membuat awet muda, kalau mandinya pakai air ledeng yang dipanaskan ?

Jaman dahulu kala resep kulit indah alami bercahaya adalah para puteri ini mandinya pakai air dingin sebelum subuh. Kemudian mandi air dingin lagi pada sore hari sebelum matahari lingsir ke Barat.

Pembaca puteriputeri.com,  jika kita juga rajin mengkonsumsi air mineral pegunungan yang telah dimasak secara benar, maka air bersih pegunungan yang layak minum ini bisa membuat badan kita sehat.

Pada jaman dulu sumber air alami pegunungan belum banyak tercemar dan biasanya hanya disimpan dalam sebuah kendi tembikar untuk minum seorang puteri selama satu hari penuh, harus habis 2 kendi air sumber alami pegunungan yang langsung diambil dari sumbernya.

Tapi jaman sekarang ada baiknya air bersih alami ini dimasak terlebih dahulu karena jamannya sudah beda.

Kandungan mineral di dalam air putih alami pegunungan mampu melindungi kulit dari luar, melembabkan kulit, menyehatkan kulit, mengatur Struktur dan fungsi kulit, mengeluarkan ion-ion negatif, serta menetralkan racun dan menyerap oksigen ke dalam sel-sel dan jaringan.

Di samping itu, dengan minum 2-3 liter air putih dalam sehari akan terhindar dari masalah darah kental yang mengganggu perjalanan oksigen dan zat-zat makanan di dalam tubuh. Hal tersebut tentu akan membuat struktur jaringan kulit menjadi lebih baik.

Air putih juga sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh manusia, serta memiliki peranan besar untuk membantu proses pencernaan dan kerja ginjal.

Setelah proses ini, kotoran dari proses metabolisme tubuh tersebut akan dikeluarkan melalui urin dan keringat.

Meskipun tidak berimbas secara langsung, namun keluarnya kotoran ini tentu saja akan membuat struktur jaringan kulit menjadi lebih baik. Karena itu tak heran, mereka yang rajin minum air putih akan memiliki kulit yang lembab, cerah, bebas dari jerawat dan lebih awet muda dibandingkan mereka yang sedikit minum air putih.

Namun jika kita tinggal di Kota Megapolitan yang bependuduk luar biasa padat, air tanah telah tercemar septic tank,limbah pabrik, kemudian air ledeng diambil dari air sungai yang juga telah tercemar maka : Apa Saja yang Ada di Dalam Air Keran Kita Jaman Sekarang ?

Walaupun sudah diproses disinfektan secara moderen, proses ini tidak secara penuh membuat air tersebut menjadi benar-benar bersih.

Masih ada kemungkinan akan adanya hal-hal lain yang dapat masih berada di air tersebut. Berikut hal-hal yang dapat ada di dalam air keran kita walaupun sudah melalui aneka  tahap penyaringan :

1. Bakteri

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, keempat tahap penyaringan di atas tidak akan membersihkan air secara menyeluruh. Ada kemungkinan bahwa bakteri-bakteri berbahaya yang mungkin membawa penyakit masih berada di air tersebut. Bakteri ini dapat saja berasal dari kotoran hewan ataupun manusia (walaupun sudah melalui penyaringan).

2. Timbal dan Tembaga

Air ledeng atau air keran tentu melalui pipa-pipa saluran air yang dapat terbuat dari timbal dan tembaga. Porsi kecil akan timbal dan tembaga yang tidak terlihat oleh mata telanjang kita, dapat saja berada di dalam air keran kita selagi air itu melalui pipa saluran air tersebut.

3. Berbagai kimia berbahaya

Dalam keadaan yang paling buruk, ada kemungkinan bahwa air tersebut dapat berisikan bahan-bahan kimia yang buruk untuk kesehatan, seperti pupuk, pestisida, arsenik (limbah pembuangan, erosi dan seterusnya) atau bahkan bahan bakar roket juga dapat berada di dalam air keran tersebut.

4. By-Product

By-Product adalah produk yang didapatkan sebagai hasil dari reaksi atau proses kimia sebagai produk sampingan yang terbentuk tanpa sengaja dalam proses pembuatan produk utamanya. By-Product ini dapat berada di dalam air keran kita sebagai hasil dari penyaringan.

5. Kaporit

Dalam melakukan proses disinfeksi air, Kaporit digunakan sebagai senyawa kimia yang ditujukan sebagai zat disinfektan air. Kaporit ini sendiri tidak dapat dikatakan aman, karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti kulit dan rambut kering, bahkan dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit ginjal. Kadar Kaporit yang tinggi tidak disarankan untuk diminum.

6. Klorin.

Khlorin atau chlorine merupakan bahan utama yang digunakan dalam proses khlorinasi. Sudah umum pula bahwa khlorinasi adalah proses utama dalam proses penghilangan kuman penyakit air ledeng, air bersih atau air minum yang digunakan oleh masyarakat. Proses khlorinasi sangat efektif untuk menghilangkan kuman penyakit terutama dalam penggunaan air ledeng. Tetapi dibalik kefektifannya, klorin juga dapat berbahaya bagi kesehatan.

Begitulah, walaupun kita tidak tahu secara jelas mungkin pada saat dicek di sana air memang bersih, tapi bagaimana setelah melalui pipa saluran air?

Ya memang, lebih baik mempertimbangkan untuk sering-sering berwisata ke pegunungan, air terjun, pantai yang alami, juga nuansa pegunungan untuk back to nature barang sebentar, menikmati kembali kesegaran air alami pegunungan sebelum kembali lagi mengarungi kerasnya kehidupan di Kota Besar yang penuh polusi udara, polusi air dan polusi tanah 🙂

(Puteri / Sumber Literatur kuno & Berbagai sumber Literatur Modern)

Tinggalkan Balasan