Bakso bakar memang menjadi salah satu sajian kuliner yang cukup booming 🙂

Terutama dikalangan anak muda jaman sekarang ,dengan bakso yang dilumuri mentega kecap dengan saus kemudian dibakar sudah menjadi daya tarik sendiri.

Namun berbeda halnya dengan bakso bakar yang kali ini saya temui di daerah BKT Cipinang Melayu, Bakso Bakar ini mempunyai bumbu yang cukup unik,dengan menggunakan bumbu kuah pempek dengan sedikit ditambah kecap dan rempah rempah,kemudian ditambahkan kacang didalam kuahnya,membuat bakso bakar ini menjadi favorit saya.

Usron,penjual yang sudah menjalankan usaha bakso bakarnya selama dua tahun ini,memang mempunyai passion tersendiri dalam membuat makanan nya beda dari yang lain,dan dia menjual makanan dengan harga yang cukup murah,yaitu pertusuk nya dihargai 2 ribu rupiah saja.

Bakso bakar ini sangat ramai ketika malam hari,bayangkan saja perhari dia bisa menghabiskan 100 tusuk perhari nya,ini adalah bakso bakar yang cita rasanya sangat nikmat.

Resep dan cara Buat bakso bakar :

Bahan-bahan  :

500 gram daging sapi
8 sdm tepung tapioka
5 siung bawang merah
7 siung bawang putih
1 sdt merica
2 sdt baking soda
1 butir telur
garam secukupnya
gula secukupnya
jeruk nipis
kecap manis secukupnya

bumbu yang dihaluskan untuk saos kacang :
secukupnya kacang tanah goreng
5 buah cabe merah kriting
1 buah kemiri
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih

Langkah :
Giling daging sapi dengan food prosessor hingga tekstur halus
Goreng bawang merah dan bawang putih hingga kecoklatan sisihkan… lalu giling sampai halus

Siapkan wadah besar. Campurkan daging giling dan bumbu halus lalu di-mixer dengan kecepatan sedang lalu masukan sedikit-sedikit tepung tapioka. Lalu masukan baking soda setelah itu masukan merica+gula+garam. Mixer adonan sampai lembut.. Setelah adonan tampak lembut masukan kulkas sekitar 1-2 jam..

Sekitar 2 jam ambil adonan untuk dibikin bulatan-bulatan… rebus air sampai mendidih masukan adonan tersebut sampai mengapung.. setelah nampak mengapung angkat dan sisihkan…

Ambil sekitar 3 butir bakso tusuk dengan tusuk sate lalu bakar dengan pangganan
Cara membuat saos kacang, tumis semua bumbu yg dihaluskan dengan sedikit minyak sampai harum setelah harum masukan sedikit air + kecap manis dan jeruk nipis. Sajikan dengan bakso bakar.

Simak Video Liputan saya di sini :

(Liputan oleh : Fauzy Ahmad Darmawan)

Tinggalkan Balasan