Job Fair di Tajur Trade Mall LT.03 Bogor diadakan pada tanggal 26-27 Oktober 2016. Mulai pukul 10.00 s/d 15.00 WIB. Bursa kerja ini terbuka untuk umum lulusan SMA/SMK/MA/D3/S1 semua jurusan. Job fair ini dihadiri oleh 25 perusahaan dan tersedia lebih dari 500 lowongan pekerjaan. Dengan persyaratan cukup membawa lamaran lengkap sebanyak-banyaknya.

Tujuan Job Fair untuk menyerap tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran. Manfaat untuk perusahaan antara lain mereka dapat menemukan banyak kandidat atau calon karyawan untuk perusahaan mereka, dari perusahaan lokal ataupun interlokal.

img-20161029-wa0001
Karena manfaat dari Job Fair untuk para pencari kerja merupakan tempat menemukan berbagai pekerjaan yang cukup potensial. Dimana mereka bisa memasukan lamaran langsung ke bagian rekrutmen dari masing-masing perusahaan. Informasi posisi pekerjaan yang di butuhkan pun lebih akurat dan juga terdapat banyak pilihan jenis posisi pekerjaan.
Tingginya tingkat pengangguran terdidik diIndonesia hampir 70%. Dengan adanya job fair untuk mempercepat pengurangan pengangguran, juga untuk memudahkan korban pemutusan hubungan kerja mendapatkan kembali pekerjaan.

img-20161029-wa0004

Lewat Job fair kita bisa hemat waktu dan tenaga, itu salah satu kelebihan jobfair dibanding datang langsung ke berbagai kantor perusahaan. Cukup datang ke sebuah venue, kita bisa menyambangi puluhan perwakilan perusahaan untuk mengumpulkan lamaran. Bahkan, kita bisa menemukan tawaran karir menarik di perusahaan yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Banyak pilihan juga memberi kesan positif akan banyaknya kesempatan berkarir. Dengan banyak pilihan akan membuat kepercayaan dirimu tetap terjaga dalam menghadapi persaingan. Jadi, kalau kira-kira ada perusahaan yang memberi tanggapan kurang positif, kita bisa langsung beralih melamar ke perusahaan lain di kesempatan yang sama.

img-20161029-wa0003
Biasanya bila mengirim surat lamaran kerja lewat pos atau email, kita harus menunggu lama untuk mendapat respon. Tapi saat jobfair, kita punya kesempatan menawarkan diri secara langsung dan mendapat respon secara langsung pula. Follow up untuk lamaran bisa lebih cepat. Ikut event jobfair berarti kita bisa mengirim surat lamaran sekaligus ‘setor muka’. Kesempatan bertemu langsung dengan pelamar ini dimanfaatkan beberapa perusahaan untuk melangsungkan wawancara on the spot saat event jobfair.
Biasanya ada perusahaan yang mengadakan workshop dan konseling karir selama jobfair. Di situ kita bisa mendapat insight menarik tentang perusahaan dari ‘orang dalam’.Ada pula HR yang menyediakan waktu untuk konseling karir. Kita bisa mendapat banyak masukan berharga, termasuk mendapatkan review untuk CV kita.

Simak Video liputan Job Fair

(Liputan oleh :Ayu Listiyari)

Tinggalkan Balasan