Puteriputeri – Jakarta, Pada saat Ernest Prakasa sebagai penulis scenario dan pemain film Ngenest diminta sekaligus jadi sutradara, banyak yang meragukan keputusan saya ini. Tapi terbukti bahwa Ernest memang pantas mengisi film akhir tahun 2015 lalu dengan sukses, dan diapresiasi sangat positif. Kepiawaian dalam menulis dan menyutradarai film pertamanya terbukti dengan perolehan beberapa penghargaan.

30-img-20161220-08121
Penghargaan tersebut yaitu Ernest Prakasa – Penulis Skenario Terbaik di IBOMA 2016, Lala Karmela – Pendatang Baru Wanita Terbaik di IBOMA 2016, Kevin Anggara – Pendatang Baru Pria Terbaik di IBOMA 2016, Kevin Anggara – Pendatang Baru Terfavorit di IMMA 2016, Ernest Prakasa – Penulis Skenario Terpuji di FFB 2016, Ernest Prakasa – Debut Sutradara Berbakat di Piala Maya 2016, dan Ernest Prakasa – Skenario Adaptasi Terpilih di Piala Maya 2016.
 
“Sebagai penutup tahun 2016, sejak Februari kita membahas premis film yang kental komedinya tapi punya nilai, dan CEK TOKO SEBELAH adalah pilihan terbaik sebagai sebuah komedi yang mengangkat isu tentang warisan,” kata Produser, Chand Parwez Servia.
22-img-20161220-08113 
Penulisan skenario berjalan relative lancar, komunikasi dengan Ernest sangat efektif dan kreatif. Sejak awal, Ernest meminta keleluasaan dalam eksekusi ke-2 ini, karena lebih lebar secara cerita dan lebih banyak karakter.
 
Melibatkan pemain-pemain berbakat, juga 20 komika dan YouTubers, yang praktis sangat antusias untuk terlibat CEK TOKO SEBELAH ini. Karya Ernest ini, jauh lebih rapih secara delivery komedi, juga dramanya saling berkait lancar dan mengikat.
 
Ekspektasi CEK TOKO SEBELAH untuk memberikan yang lebih muatan komedi dan dramanya dari film NGENEST, terealisasi. Bagi Starvision, CEK TOKO SEBELAH diharapkan akan menjadi film lengkap yang sangat menghibur, untuk semua kalangan, saat liburan akhir tahun. Semangat dan dedikasi segenap tim CEK TOKO SEBELAH pantas diapresiasi, dijamin akan memberikan hiburan mengesankan.
 
Proses post produksi berjalan seru, dari mulai editing bareng Cesa David Luckmansyah hingga grading di Imagica Post South East Asia di Johor, Malaysia. Musik apik dikerjakan oleh Andhika Triyadi, dan sound designer Khikmawan Santosa memberikan sentuhan akhirnya dalam Dolby 7:1.
 
Kerjasama dengan Sony Music Indonesia menambah greget CEK TOKO SEBELAH, dan melahirkan mini album yang melibatkan GAC dan TheOvertunes. Secara khusus GAC dan TheOvertunes membuar 1 lagu kolaborasi berjudul “Senyuman & Harapan’ ditambah 1 lagu baru dari GAC  ‘Berlari Tanpa Kaki’, juga 1 lagu baru dari TheOvertunes ‘I Still Love You’.
 
Selain itu ada 2 buah lagu recycle yaitu ‘Parampampam’ oleh GAC dari lagu hits TheCangcuters yang diaransemen kekinian, sedangkan TheOvertunes mengaransemen ulang lagu ‘Let You Go’, dari album sebelumnya, dengan perubahan beberapa lirik dalam bahasa Indonesia.
 
Bersiaplah untuk film liburan keluarga, CEK TOKO SEBELAH, toko buka 28 Desember 2016 di seluruh bioskop di tanah air.
 
“Tanpa terasa setahun sudah berlalu, sejak saya membuat catatan seperti ini untuk film NGENEST. Sebuah debut sederhana yang diluar dugaan berhasil menembus Top 10 Box Office 2015, dengan perolehan hampir 800.000 penonton. NGENEST juga berhasil meraih beberapa apresiasi tinggi, termasuk nominasi Skenario Adaptasi Terbaik di ajang paling bergensi bagi insan perfilman Indonesia, Piala Citra. Sukses NGENEST mengantar saya menuju proyek kedua ini, dengan segudang beban yang amat berat. Bila dulu saya berkarya tanpa target, kali ini ada ekspetaksi yang harus saya penuhi, baik dari aspek kesenian maupun komersil,” Penulis Skenario dan Sutradara Film Cek Toko Sebelah, Ernest Prakasa.
 
“Bulan Februari 2016, saya mulai mematangkan ide untuk film kedua yang saya tulis dan sutradarai. Ide dasarnya berasal dari latar belakang keluarga saya sendiri, dimana ibu saya mengelola toko kelontong sejak tahun 1985, hingga hari ini. Lahirlah CEK TOKO SEBELAH, sebuah drama komedi tentang seorang pemuda dan karirnya yang cermelang, namun tiba-tiba dihadapkan pada situasi pelik saat ayahnya meminta ia mewarisi toko kelontong milik keluarga mereka, melangkahi kakaknya yang tentu merasa marah karena tidak dipercaya. Kebetulan di keluarga cina, fenomena anak lulusan luar negeri yang ujung-ujungnya “Cuma” jaga toko adalah sesuatu yang sering terjadi,” ujar Ernest.
 
“Bahu membahu bersama istri saya, Meira Anatasia yang bertanggung jawab untuk Pengembangan Cerita, dan Jenny Jusuf (Filosofi Kopi, Wonderful life) sebagai konsultan Skenario, naskah CEK TOKO SEBELAH akhirnya rampung di bulan Agustus, dan mulai syuting di September 2016. Dari departemen produksi. Saya didukung oleh dua orang pendamping saya di NGENEST, yakni Adink Liwutang (Ko-Sutradara) dan Dicky R. Maland (Penata Sinematografi). Shooting berlangsung selama 18 hari di Jabodetabek,” lanjut Ernest.
 
“Meski saya enggan membanding-bandingkan, tapi rasanya perbandingan CEK TOKO SEBELAH dengan NGENEST pasti tidak terelakkan. Dan menurut saya, dari segala aspek yang ada, saya merasa CEK TOKO SEBELAH adalah sajian yang lebih “matang”, baik dari segi komedi maupun drama. Semoga para penonton pun merasakan hal yang sama,” harap Ernest.
 
 
Synopsis
 
Bagi Erwin (Ernest Prakasa), hidupnya sangatlah sempurna. Ia punya karir yang meroket dan seorang kekasih cantik, Natalie (Gisella Anastasia), yang sangat mendukung apa yang ia kerjakan. Maka Erwin serasa dihantam mimpi buruk ketika tiba-tiba ayahnya, Koh Afuk (Chew KinWah), meminta Erwin untuk meneruskan toko kelontong milik keluarga.
 
Sementara itu, Yohan (Dion Wiyoko) kakak Erwin, naik pitam karena dilangkahi. Sebagai anak sulung yang merasa lebih perhatian pada kedua orang tuanya, Yohan yakin ia dan istrinya, Ayu (Adinia Wirasti), adalah yang paling berhak meneruskan toko tersebut. Sayangnya, Koh Afuk sulit mempercayai Yohan yang sejak remaja memiliki sifat pemberontak dan berkali-kali terjerat masalah.
 
Apakah Erwin akan terpaksa mengorbankan karirnya untuk mengurusi toko Koh Afuk meski ditentang keras oleh Natalie? Ataukah Yohan akan berhasil menyakinkan ayahnya bahwa ia dan Ayu sesungguhnya lebih layak dipercaya? Saksikan CEK TOKO SEBELAH, sebuah drama komedi keluarga dari penulis, sutradara, produser dan segenap tim kerja di balik film NGENEST. Mulai 28 Desember 2016, di bioskop di seluruh Indonesia. (Puteriputeri – Lrd Viga-801/Riri). 9-img-20161220-08100

Tinggalkan Balasan