Festival Ennichisai merupakan salah satu festival kebudayaan Jepang terbesar kedua setelah AFAID di Jakarta.


Festival yang mengangkat kebudayaan Jepang ini banyak menarik pengunjung mulai dari anak-anak hingga dewasa pun dapat hadir di acara ini.

agenda-jepang-2

Festival Ennichisai merupakan festival rutin yang digelar setahun sekali setiap bulan Mei, di Blok  M Square, Jakarta.

Antusias masyarakat yang datang ke Festival Ennichisai sangatlah besar.

Tidak hanya masyarakat di Jakarta saja yang mengunjungi festival ini, melainkan berbagai macam lapisan masyarakat di sekitar JABODETABEK.

agenda-jepang-3

Festival yang di selenggarakan selama dua hari dengan meriah ini tidak di pungut biaya apapun alias gratis.

Mayoritas yang mengunjungi festival ini adalah masyarakat yang menyukai kebudayaan Jepang hingga karya buatan Jepang seperti Anime (kartun Jepang).

Masyarakat yang sangat menyukai kebudayaan Jepang ini dapat di sapa sebagai seorang Otaku atau kaum pecinta Jepang.

Mall adalah sebuah tempat perbelanjaan besar yang mungkin hanya di datangi untuk memenuhi kebutuhan keseharian rumah tangga ataupun menikmati waktu luang bersama keluarga dengan berkeliling pusat perbelanjaan.

Di jaman yang sudah modern ini dengan berbagai kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia tidak menyurutkan daya tarik sebuah mall yang mulai membuat sebuah ide festival kebudayaan luar yang dapat meningkatkan antusiasme masyarakat untuk mendatangi sebuah mall.

Blok M Square salah satu dari berbagai mall yang ada di Jakarta yang rutin mengadakan festival kebudayaan Jepang.

Ada dua panggung besar yang selalu memeriahkan festival ini yaitu panggung tradisional dan modern.

agenda-jepang-4

Panggung tradisoinal yang akan memperkenalkan kebudayaan Jepang Otentik seperti Mikoshi (tandu suci), Wadaiko, Eisa (tabuhan drum Jepang), Shamisen, Koto, Yosakoi Contest, Nihon Buyou, Oiran Doucho, dan Shishimai yang semuanya merupakan pertunjukan tradisional Jepang.

Sedangkan panggung modern menampilkan cover musik-musik band Jepang maupun sountrack anime ternama Jepang sebagai pemeriah festival tersebut.

Selain pertunjukan musik, di festival ini selalu mengadakan kontes untuk para Cosplayer (orang yang berpenampilan karakter dari berbagai kartun ternama Jepang), dan ada pula berbagai stand barang-barang bertemakan Jepang dan Anime, hingga stand makanan & minuman yang memenuhi area tersebut.

agenda-jepang-6

Bagi masyarakat di Jakarta yang ingin mengunjungi festival tahunan ini dapat menggunakan angkutan umum seperti Trans Jakarta,

Anda bisa naik dari halte terdekat di sekitar rumah dan transit bus di Halte Harmoni yang merupakan jalur pusat Trans Jakarta lalu naik Trans Jakarta arah Blok M. Selain Trans Jakarta adapun transportasi umum yang bisa di gunakan yaitu kereta krl.

Jadi tunggu apa lagi, ayo datanglah ke Festival Ennichisai yang rutin diselenggarakan tiap bulan Mei di setiap tahunnya ini.

(Oleh  : Antik Febrianti Umar)

Tinggalkan Balasan