Apa itu Kue “Ape?”


Kalau berbicara tentang makanan khas Nusantara memang tak akan ada habisnya, karena Indonesia memiliki ribuan santapan yang unik dan khas dari daerah asalnya masing-masing.

Selain makanan berat, Indonesia dikenal dengan aneka jajanan yang dan lezat. Namun, jika di bahas satu persatu mungkin tidak akan ada habisnya.

Jakarta yang selalu dikenal dengan sebutan ‘kota metropolitan’ ini memiliki berbagai macam makanan rakyat yang sangat khas dan sayang untuk dilewatkan.

Misalnya, adalah onde-onde, ketan, kue gemblong, kue bugis, kerak telor, kue rangi, kembang goyang dan roti buaya.

Nah, adalagi satu jajanan yang dari bentuknya, namanya, sampai rasanya sangat berbeda dari yang lain. Namanya kue Ape.

Kue ini asli dari Betawi. Oleh karena itu asal-usul nama kue ini berasal dari pertanyaan: “Inikue ape, bang?” Kemudian dijawab, “Ya, kue ‘ape’”.

Entah benar atau tidak, tapi jika benar, maka asal-usul nama Kue Ape ini menjadi sejarah yang cukup menggelitik. Karena logat orang Betawi yang cukup unik, jadi Kue ini dinamai dengan cara yang unik juga.

Kue ini juga sering disebut dengan ‘kue Tetek’ karena bentuknya yang menonjol di bagian tengah dan sangat krispy di pinggirnya.

Sekali mencoba kueini, pasti Anda akan ketagihan untuk mencobanya lagi, lagi, dan lagi karena satu tidak pernah cukup.

 

Kue Ape yang banyak di jual di depan sekolahan, merupakan jajanan yang sangat murah meriah dan tentunya menyehatkan, karena secara tradisisonal hanya berbahan, tepung beras, telur, gula, dan pewarna hijau daun Suji.

Harga Kue Ape mulai dari seribu rupiah, sangat terjangkau bukan? Jadi tidak heran jika Kue Ape memiliki banyak penggemar, tidak hanya anak-anak, namun orang dewasa sekalipun.

Penjual Kue Ape, Khas Betawi dan sekitarnya

Jadi, jajan enak dan bergizi tidak perlu mahal dan eksklusif. Karena jajanan tradisional sendiri pun memiliki rasa yang unik dan khas sehingga hampir semua orang pasti menyukainya.

Nah, kita sebagai orang Indonesia seharusnya lebih mencintai makanan khas Nusantara agar tak lekang oleh waktu dan bisa dikenal di seluruh dunia. Ayo kita cintai kuliner khas Indonesia!

(Liputan oleh :Harley Rizaldy Bakrie)

Tinggalkan Balasan