Dieng tanah surga, setidaknya mungkin contoh secuil kecil dari imaji surga yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa. Tidaklah berlebihan kiranya, karena di Tanah Air kita ini banyak terdapat  tempat-tempat yang tinggi seperti Dataran Tinggi Dieng yang eksotis, serta sungai-sungai yang mengalir di bawahnya…

”Kita membutuhkan sebuah jeda dari hiruk-pikuk aliran hidup kita”
-Leila S. Chudori-

Itulah sepenggal kalimat yang menurut saya harus diterapkan dalam kehidupan manusia, bahwa kita butuh jeda, kita butuh spasi untuk melanjutkan hidup.

Banyak cara yang dapat dilakukan, contohnya adalah traveling.

Ya, traveling saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat perkotaan.

Indonesia khususnya memiliki banyak tempat-tempat yang indah untuk dikunjungi, misalnya saja adalah tanahnya ‘cuilan surga’,  dataran tinggi Dieng – Jawa Tengah.

Kawasan Dieng, yang masuk ke dalam dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Nama Dieng sendiri artinya dalam sansekerta daerah pegunungan atau dataran tinggi tempat para hyang atau dhyang (tempat bersemayam para hyang).

Letaknya yang berada di dekat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing membuat kawasan ini terasa sejuk, bahkan dingin pada malam hari.

Dari Jakarta kita bisa menggunakan kereta api dengan tujuan Purwokerto, lalu melanjutkan dengan bus antar kota sebanyak dua kali dengan jarak yang cukup lumayan jauh.

Namun, semua itu akan terbayar dengan pesona alam Dieng.

Banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi, misalnya adalah Bukit Sikunir, Candi Arjuna, Telaga Warna, hingga kawah Sikidang.

Kawah Sikidang

 

Telaga Warna
Candi Arjuna

Untuk memasuki objek wisata pun kita tidak perlu merogoh kocek yang dalam, mulai dari harga lima ribu hingga lima belas ribu kita sudah bisa masuk objek wisata yang kita inginkan.

Kita tak perlu khawatir jika ingin menginap di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini, karena banyak penginapan yang dapat kita pilih sesuai budget yang dimiliki.

Di setiap penginapan terdapat penyewaan motor atau mobil yang harganya terjangkau untuk kita berjalan-jalan. Warga yang ramah tamah membuat kita betah berada di sana.

Terdapat kuliner khas yang bisa kita cicipi saat berada di sana, seperti mie ongklok, manisan buah carica, hingga minuman hangat purwaceng yang terbuat dari rempah-rempah.

Saat traveling, kita tidak boleh lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen pesona alam yang indah.

Menurutsaya, Dieng merupakan salah satu surga yang ada di Indonesia.

Dengan gunung-gunung yang menjulang, hingga udara yang sejuk sangat membuat kita nyaman dan membuat kita yang berasal dari kota besar mungkin dari Jakarta dapat melupakan kepadatan Ibu Kota Jakarta sejenak.

(Liputan oleh Harley Rizaldy Bakrie)

Tinggalkan Balasan