Salah satuhal yang menyenangkan dan menarik untuk didatangi saat berkunjung ke sebuah kota adalah alun-alunnya. Selain sebagai pusat kota, alun-alun juga berfungsi sebgai tempat untuk berkumpul atau ruang publik.

Kebetulan pada lebaran Hari Raya Idul Fitri 1437 H kemarin, saya dan keluarga merayakannya di kampung halaman saudara saya, yaitu Kota Banjarnegara.

Tentu rasanya tidak akan lengkap tanpa berkunjung ke alun-alun Kota Banjarnegara, karena ini merupakan pengalaman pertama saya berkunjung ke alun-alun ini.

Alun-alun Banjarnegara terlihat seperti alun-alun Kota pada umumnya, disana terdapat Masjid Agung, Lapangan yang luas, Pohon Beringin di tengah-tengah lapangan dan banyak penjual makanan.

banjarnegera

Namun jika diperhatikan lebih detail, terdapat ikon yang menggambarkan khas Kota Banjarnegara ini. Ya jika kalian berkunjung ke sini, kalian akan menemukan ikon Dawet Ayu di kotaini.

Rupanya, Dawet Ayu atau sering kita sebut Es Dawet Ayu merupakan Kuliner asli khas Kota Banjarnegara. Salah satu kuliner yang sudah dikenal enaknya di nusantara.

banjarnegara-3

Dawet Ayu dibuat dengan menggunakan bahan utama yaitu tepung beras dan dicampur dengan bahan tambahan seperti daun pandan serta tepung tapioka. Es Dawet Ayu khas Banjarnegara ini sepintas terlihat seperti dawet-dawet lainnya, namun jika dilihat dari bentuknya, Dawet Ayu khas Banjarnegara ini terlihat lebih kecil dengan tekstur yang lembut.

banjarnegara-2

Sangat mudah saya temukan penjual Dawet Ayu di kotaini, satu gelases Dawet Ayu dijual dengan hargaRp 5.000 – Rp 10.000,- harganya yang terjangkau, serta rasanya yang enak dan segar membuat es ini begitu digemari masyarakat, baik yang tinggal di desa maupun di kota.

Penasaran rasa asli Dawet Ayu khas Kota Banjarnegara ? Jadikan Banjarnegara tujuan liburanmu guys 🙂

(Liputan oleh : Sucia Ramadhamayanti)

Tinggalkan Balasan