Simak Cara Dapatkan Kulit Senantiasa Muda Berseri, dengan Peeling Alami :

Semua orang tentu ingin memiliki kulit mulus bersinar. Kulit yang sehat dan indah merupakan tanda kesehatan yang baik.

Kadang kala seiring pertambahan usia, kulit kehilangan elastisitas dan kekenyalan aslinya.

Perubahan warna, garis-garis halus, bintik-bintik usia, kulit kendor dan keriput mulai tampil secara perlahan namun pasti, membuat kulit Anda tampak kusam dan tak bercahaya.

Ada banyak penyebab lain dari kualitas kulit yang buruk, seperti polusi, rutinitas perawatan kulit yang salah, paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya, diet yang tidak sehat, dehidrasi, stres, merokok, minum alkohol dan tidur yang tidak memadai. Selain itu, masalah kesehatan juga dapat mempengaruhi kulit anda.

Namun demikian, dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana dan mudahyang dapat anda lakukan di rumahsendiri dapat merevitalisasi dan meremajakan kulit Anda agar terlihat lebih muda. Bahkan, langkah-langkah ini dengan mudah dapat membantu menjaga kulit Anda muda dan cantik lebih lama dari yang Anda harapkan.

Berikut adalah 10 solusi alamiah peeling untuk peremajaan kulit agar senantiasa sehat dan muda berseri :

1. Lemon Juice

lemon-juice

Jus lemon membantu kulit meremajakan diri dengan mengurangi bintik-bintik usia dan tanda-tanda penuaan. Vitamin C dalam lemon adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, jus lemon mengandung sifat pemutihan yang membantu meningkatkan warna kulit Anda secara keseluruhan. Bulir jeruk juga merupakan peeling alami.

Caranya : Tuangkan beberapa tetes madu pada perasan dari 1/2 buah lemon. Balurkan dan gosok dengan lembut pada wajah Anda sambil pijat lembut. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas wajah Anda. Dilakukan sekali atau dua kali seminggu.

Atau, hanya memeras jus dari 1 jeruk nipis dan menerapkannya pada kulit. Biarkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan resep alami ini sekali sehari.
Pilihan lain adalah untuk bercampur 1 sendok teh setiap jus lemon dan putih telur, bersama dengan ½ sendok teh krim susu. Oleskan pasta ini pada wajah Anda. Tunggu 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali seminggu.

2. Mentimun

unnamed-16

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun sangat bergizi dan menghydrating kulit Anda. Mentimun memiliki sifat menenangkan serta sifat menguntungkan melawan jerawat dan kulit terbakar matahari. Mentimun membantu meremajakan kulit Anda. Selain itu, kandungan antioksidan di mentimun membantu menjaga kulit agar bercahaya dan tampak lebih muda. Ampas mentimun juga merupakan peeling alami kulit yang baik.

Caranya : Campur 2 sendok teh parutan mentimun dan ½ cangkir yogurt untuk membuat masker wajah. Terapkan ini pada wajah dan leher. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat. Gunakan perawatan wajah ini dua kali seminggu.

Atau, campurkan jumlah yang sama dari parutan mentimun dan semangka. Tambahkan beberapa tetes jus lemon untuk itu, kemudian menerapkannya dengan cara mengulaskannya pada wajah Anda. Biarkan hingga kering, kemudian mencucinya dengan air hangat. Gunakan cara ramuan tradisional ini beberapa kali seminggu.

3. Pepaya

unnamed-17

Pepaya kaya akan vitamin A, C dan E, dan memiliki sifat antioksidan yang kuat dan membantu dalam meremajakan kulit. Papaya membantu menjaga kulit halus, lembut dan lembab. Selain itu, alpha hydroxy acids dalam pepaya membantu mengelupaskan sel kulit mati secara alamiah. Pepaya ini juga bermanfaat dalam mengobati jerawat, noda, bintik-bintik gelap dan masalah serupa lainnya.

Cara Membuat Pepaya Masker untuk peremajaan kulit

Caranya : Campur 2 sendok makan pepaya matang, 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh jus lemon segar.

Terapkan pulasan ini pada wajah Anda. Setelah 15 menit, mencucinya dengan air hangat.
Akhirnya, percikan air dingin pada wajah Anda.
Gunakan masker wajah ini seminggu sekali untuk menikmati kulit indah.

4. Pisang

pisang

Pisang sangat baik untuk meremajakan kulit Anda, terutama kulit kering, karena sifat pelembab nya. Pisang juga membantu memerangi keriput, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan.

Caranya : tumbuk lembut 1 buah pisang matang. Jenisnya paling bagus adalah pisang kepok kuning untuk wajah. Tambahkan 2 sendok makan krim susu, 1 sendok makan masing-masing madu organik dan tepung gandum, dan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada wajah Anda, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Atau, ambil sebutir pisang dan mencampurnya dengan 2 sendok teh madu organik dan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan pada wajah Anda dan bilas setelah 20 menit.
Pakailah masker alami pisang ini sekali atau dua kali seminggu untuk menikmati kulit bercahaya.

5. Yogurt

yogurt-puteri

Yogurt sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Kehadiran asam laktat dalam yogurt bekerja seperti pembersih alami, sebagai sarana pengelupasan sel kulit mati dan pelembab. Yogurt dapat membantu menyehatkan kulit Anda.

Caranya : Siapkan campuran dengan 2 sendok teh yogurt polos dan ½ sendok teh bubuk kunyit dan ½ sendok teh tepung beras. Campur untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada wajah dan leher. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin. Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.
Pilihan lain adalah dengan hanya mencampur 2 sendok teh madu organik dan 2 sendok makan yogurt polos.

Oleskan ke wajah Anda, tunggu 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Gunakan ramuan tradisional ini beberapa kali seminggu.

6. Kulit Jeruk

kulit-jeruk

Kulit Jeruk kaya vitamin C, asam sitrat dan antioksidan lainnya, kulit jeruk membantu mengurangi noda dan menjaga kesehatan kulit dan tampak lebih muda. Kulit jeruk dapat membantu membersihkan, mengelupaskan dan mengencangkan kulit.

Caranya : Keringkan kulit dari beberapa jeruk di bawah matahari selama beberapa hari.
Dan Menggiling kulit jeruk menjadi bubuk halus. Kemudia campurkan 1 sendok teh kulit jeruk bubuk, 2 sendok teh tepung beras dan air yang cukup untuk membuat pasta.
Oleskan pasta ini pada tangan, leher dan wajah.
Tunggu 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

7. Alpukat

unnamed-21
Alpukat juga membantu dalam mengatasi kulit kusam untuk meremajakan kembali. Alpukat bekerja sebagai pelembab kulit alami dan membantu mengobati kulit kering, bintik-bintik penuaan, bekas luka dan kerusakan akibat matahari. Selain itu, asam lemak omega-3 dalam alpukat membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit Anda.

Membuat Masker Wajah dari Alpukat

Caranya : Campurkan setiap 1 sendok makan alpukat dan satu sendok makan madu dengan 3 sendok makan krim susu segar dalam blender untuk membuat pasta. Oleskan masker dari pasta ini pada kulit Anda dan biarkan selama setidaknya 30 menit. Bilas dengan air hangat. Gunakanlah beberapa kali seminggu.
Anda juga dapat menggunakan minyak alpukat untuk memijat tubuh Anda sebelum mandi. Ini adalah cara mudah untuk menjaga kulit Anda pelembap dan bercahaya.

8. Teh Hijau

unnamed-22
Masker teh hijau wajah juga bagus untuk peremajaan kulit. Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu kulit jadi sehat dan membantu melawan penuaan. Teh Hijau ini juga bertindak sebagai pelindung alami dari sinar UV, sehingga mencegah kerusakan akibat matahari.
Masker Wajah Teh Hijau.

Caranya : Tambahkan ½ sendok teh jus lemon dan bubuk kunyit 2 sendok makan, masukkan adalam seduhan teh hijau. Oleskan pada wajah dan leher dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya.

Pilihan lain adalah dengan mencampur 2 sendok teh madu organik dan 2 sendok makan teh hijau yang telah diseduh dan didinginkan. Oleskan pada kulit Anda, biarkan hingga kering selama 15 menit dan kemudian bilas.

9. Tomat

tomat-puteri
Bahan alami lain yang efektif untuk peremajaan kulit adalah tomat. Tomat adalah sumber yang sangat baik dari antioksidan lycopene anti-penuaan yang membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Selain itu, vitamin C dalam tomat membantu produksi kolagen dan melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

Membuat Masker Wajah dari Tomat

Caranya : Campur 3 sendok makan jus tomat, 1 sendok makan jus lemon dan 2 sendok makan krim susu untuk membuat pasta halus. Oleskan pasta ini pada kulit Anda, biarkan selama 15 menit, lalu cuci dengan air dingin. Gunakan dua kali seminggu.

Anda juga dapat menggunakan puree tomat segar untuk mengobati jerawat dan noda. Aplikasikan pada daerah yang terkena, biarkan selama setidaknya 20 menit, kemudian bilas.

10. Oatmeal

unnamed-23

Oatmeal bekerja sebagai pembersih kulit alami. Oatmeal dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak, kotoran dan kotoran yang bertanggung jawab untuk masalah kulit banyak. Selain itu, oatmeal melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari.

Meramu oatmeal sebagai masker wajah :

Caranya : Campur 1 sendok makan oatmeal tanah, ½ sendok teh madu dan 1 sendok teh air untuk membuat pasta.
Gosokkan dengan lembut pada kulit Anda dalam gerakan melingkar.
Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas.

Gunakan seminggu sekali untuk mengelupaskan kulit Anda.

Tips tambahan :

– Selalu menghapus make up Anda dan mencuci muka Anda dengan benar sebelum tidur.
-Anda dapat menggunakan air mawar untuk menghapus riasan dan untuk membersihkan wajah Anda.
– Oleskan pelembab lotion setelah mencuci kulit Anda untuk menghindari kekeringan.
– Berhenti merokok dan jangan konsumsi minuman alkohol karena menyebabkan kekeringan kulit dan mempercepat penuaan kulit.
– Melakukan latihan fisik setiap hari untuk menghilangkan racun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah yang baik.
– Mengelupaskan kulit Anda (peeling) seminggu sekali.
– Jika cuaca panas dan sering berada di luar ruangan, maka oleskan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari yang berbahaya.
– Minumlah jumlah yang cukup air sepanjang hari untuk menjaga kesehatan kulit dan menghilangkan racun.
– Jika menggunakan makeup, pilih produk-produk berkualitas dan menghindari menggunakan make up yang telah kedaluwarsa. Hindari pemutih wajah dengan kandungan merkuri.
– Mengurangi stres, karena sterss membuat kulit nampak kusam. Sterss juga dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, jerawat, psoriasis, eksim dan rosacea.
– Biasakanlah tidur 6 jam sehari. Manfaat tidur siang 10 menit di siang hari juga akan membantu Anda menikmati kulit segar.
– Menyehatkan kulit Anda dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makan sayur, buah-buahan, minyak ikan dan kacang-kacangan seperti almond dan kenari untuk menjaga kulit Anda muda dan sehat.
Demikianlah aneka ramuan tradisional berbasis food grade yang aman dikonsumsi karena semuanya adalah zat-zat makanan yang dibuat sebagai masker wajah.

Mencoba Menggunakan Chemical Peeling

Selain peeling alami, ada pula chemical peeling. Biasanya chemical peeling ini dilakukan di tempat-tempat perawatan kecantikan yang sudah terpercaya.
unnamed-14

Dari berbagai perawatan yang ditawarkan berbagai tempat kecantikan satu perawatan alternatif  adalah chemical peeling. Memang perawatn ini sepintas kedengaran tidak alami, namun beberapa tempat perawatan kecantikan mengeketrak unnsur kimiawi untuk chemical peeling ini dari bahan-bahan alami.

Chemical peeling ini sukses menghilangkan bekas jerawatku.
Selain itu ternyata chemical peeling ini punya beberapa manfaat seperti :

1. Mengangkat sel kulit mati,  diganti sel kulit baru
2. Mengecilkan pori -pori sehingga cocok untuk kulit berminyak
3. Mencerahkan kulit
4. Peremajaan kulit
5. Mengurangi kerutan halus di kulit.

Untuk masalah harga, chemical peeling ini lumayan terjangkau dan ramah di kantong..
Lucky me..! Harga chemical peeling di berbagai tempat perawatan kecantikan berkisar antara 200K.

Nah, semenjak pertama kali mencoba chemical peeling sampai dengan sekarang, aku rutin menjalani perawatan ini.

Oleh dokter spesialis kulit, disaranin untuk seumuranku yakni antara 17-21 tahun kalau mau ikutan chemical peeling paling ga, satu bulan sekali.

Di berbagai fasilitas perawatan kecantikan, sebenernya ada berbagai macam peeling, yang fungsi utamanya sama yaitu buat ngangkat sel kulit mati.

Sekarang bahas efek dan reaksinya terhadap kulit.

Jadi kata dokter pengelupasan yang dialami setiap orang yang melakukan perwatan ini beda-beda. Ada yang pengelupasan ringan, sampai pengelupasan berat. Kalau aku dulu pertama kali peeling sih cuma pengelupasan ringan, ga parah. perlu pake masker buat nutup-nutupin kulit muka yang ngelupas.

Selain pengelupasan, kulitku jadi lebih sensitif kalau kena sinar matahari sama produk make up tertentu.

Karena kalau kepanasan kulitku jadi merah 🙂

(Oleh : Wiji Yanti)

Tinggalkan Balasan