Judulnya hanya satu kata : “Ciletuh”, tapi suasana, atmosfernya, pemandangannya… seperti sebuah nukilan taman firdaus, ini Geo Park Ciletuh….

 Ciletuh merupakan tempat wisata Geo Park  alami  yang terletak di kawasan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

DCIM100GOPROGOPR2108.
Geo Park Ciletuh

Di kawasan Ciletuh ini terdapat Pantai yang indah, Bukit dengan pemandangan eksotis, juga terdapat beberapa Curug (air terjun) dan Sawah yang terhampar luas menghijau, sehingga menyejukkan siapa saja yang memandangnya.

Tidak hanya itu, di Ciletuh juga terdapat 3 pulau kecil di lepas pantai Ciletuh, yang membuat pemandang landscape Pantai Ciletuh bak sebuah post card atau kalender layaknya. Keistimewaan Ciletuh yang khusus adalah pemandangan dari atas Bukit Dharma Ciletuh serta terdapat Curug Kembar yang sangat legendaris.

DCIM100GOPROGOPR1618.
Curug Kembar, Ciletuh

Beda dengan curug (air terjun) di tempat lain, sepasang curug di Ciletuh ini sangat eksotis, sehingga pas benar untuk latar belakang foto (back ground) romantis Anda dan pasangan. Semangat aliran kedua air terjun ini semoga bisa mengilhami aliran cinta anda dan kekasih tercinta.

ciletuh-1

Letak Ciletuh yang terpencil, juga menjadi tantangan tersendiri untuk bisa mencapai lokasi kawasan Ciletuh ini.
Tempat Ciletuh yang terpencil, sehingga saya yang asli warga Depok harus rela menempuh 8 (delapan) jam perjalanan menggunakan transportasi sepeda motor pribadi dari Depok Kota menuju ke Ciletuh, Sukabumi Jawa Barat.

Rute yang saya lewati mulai dari Depok kemudian ke Cikidang, kemudian diteruskan menuju ke Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu barulah Anda bisa menuju ke Desa Ciletuh. Kira-kira masih 4 jam dari Pelabuhan Ratu.

Total waktu yang saya butuhkan adalah dari Depok menuju ke Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa barat menempuh 4 jam perjalanan. Kemudian dari Pelabuhan Ratu menuju ke Ciletuh ditempuh selama 4 jam, jadi total saya menempuh 8 jam perjalanan untuk sampai Ciletuh.

ciletuh-2

Pembaca, karena kawasan Ciletuh yang eksotis, maka selama 3 hari 2 malam saya terpesona dan rela menghabiskan waktu di tempat ini.

ciletuh-5

Jika anda ingin menginap di Ciletuh, terdapat sejumlah homestay juga penginapan losmen yang bertarif Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu per-malam hingga Rp 2 jutaan per-malam juga ada.

ciletuh-5

(Pemandangan Air terjun di Ciletuh)

Sedangkan untuk kuliner atau menu makanan yang bisa kita dapatkan di kawasan Ciletuh ini, Anda tak perlu khawatir karena sejumlah warung makanan khas Sunda akan siap memanjakan lidah Anda.

Menunya juga sedap, mulai dari ayam bakar, ikan bakar lengkap dengan sambal dan lalapan bisa Anda temui di sejumlah warung di kawasan Ciletuh ini. karena dekat dengan tempat pelelangan ikan laut, maka menu ikan laut bakar yang gurih dan nikmat pun menjadi dominan di warung-warung di kawasan Ciletuh ini.

ciletuh-7

Sungguh sebuah pengalaman yang indah dan luar biasa untuk mengisi kembali energi kehidupan kita dengan berwisata di Ciletuh. ( Oleh : Dimas Prasetyo)

Tinggalkan Balasan