Bagi sebagian kaum wanita rambut panjang adalah mahkota bagi mereka. Hal ini tidak mengherankan jika banyak wanita yang mendambakan memiliki rambut panjang dan sehat. Bagaimana cara yang baik dan benar dalam mencegah kerusakan dan kerontokan pada rambut Anda?

Kesehatan dan kecantikan rambut memang penting, tak heran jika anda akan menghabiskan banyak waktu untuk merawat kesehatan rambut anda.

Rambut yang panjang memang selalu member kharisma tersendiri bagi para wanita. Namun tidak sedikit yang terpaksa memendekkan rambut dengan alasan susah untuk merawat rambut panjangnya. Oleh karena itu, puuteriputeri.com akan membahas mengenai tips dan cara merawat rambut yang panjang.

1. Cara pertama dengan menggunakan Minyak Rambut

minyak-rambutkelapa

Dengan meminyaki akar rambut, maka akan memberikannya nutrisi dan kekuatan untuk bisa tumbuh panjang dan kuat. Anda dapat meminyak irambut Anda setidaknya dua kali dalam seminggu.
2. Mencuci Rambut Secara Rutin

cuci-rambut

Cucilah atau keramasi rambut Anda dengan shampoo dua kali seminggu atau mungkin tiga kali seminggu. Jangan pernah mencoba mencuci rambut panjang Anda setiap hari karena hal ini dapat membuat rambut Anda rapuh dan kering.

Gunakan air bersuhu dingin atau normal untuk keramas. Air yang panas pasti memilikiefek yang sama, yaitu kering dan keriting. Jangan terlalu banyak menggunakan samphoo karena sulfat bisa merugikan rambut Anda. Selainitu, jangan menyisir rambut Anda saat sedang basah. Hal ini juga dapat membuat rambut Anda kering dan rapuh sehingga mengurangi pertumbuhan rambut.

3. Pakailah Kondisioner

hair-cond

Kondisioner berguna untuk menutrisi dan memelihara kesuburan rambut Anda.Caranya pun cukup mudah, gunakan kondisioner setelah Anda selesai keramas. Kondisioner dapat membuat rambut Anda tampak berkilau. Jika Anda memiliki rambut yang sangat rapuh, maka disarankan untuk menggunakan kondisioner seminggu sekali.

4. Mengeringkan Rambut secara Alami

rambut-dikeringkan

Setelah keramas Kemudian anda bisa keringkan dengan kipas, tetapi jangan disisir terlebih dahulu. Setelah setengah kering, baru rambut boleh disisir dengan sisir bergigi jarang. Kemudian dilanjutkan mengeringkan dengan kipas. Hindari terlalu sering memakai hair dryer atau alat pencatok rambut karena hal ini bisa memicu kerusakan rambut semakin parah.

5. Menyisir Rambut

menyisir-rambut
Gunakan sisir yang bergigi lebar akan lebih baik bagi rambut panjang Anda, dan sisir yang buruk bisa menyebabkan kerusakan dan rambut pecah. Jangan menyikat rambut sensitif, karena hanya akan menyebabkan kerusakan dan rambut rapuh.

6. Potonglah Rambut Anda secara Teratur

potong-rambutmu
Fungsi dari potong rambut adalah untuk menghilangkan bagian rambut yang bercabang. Selain itu, memotong rambut juga akan meningkatkan pertumbuhan rambut Anda sehingga memungkinkan rambut Anda tumbuh lebih lama dan lebih kuat.

7. Gunakan cara Herbal atau Bahan Alami

minyak-rambut-2
Anda dapat menggunakan produk atau metode alami untuk merawat rambut Anda.Misalnya, untuk membuat kondisioner alami, Anda bisa menggunakan campuran cuka dan minyak jarak untuk perawatan rambut Anda. Bahkan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di sekitar Anda, seperti lidah buaya atau minyak kemiri.
Itulah beberapa tips dan cara agar rambut Anda tetap sehat secara alami serta tumbuh panjang.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cegah Kerontokan Rambut Segera !

rambut-panjang-1

Tidak ada yang lebih menarik dari rambut tebal yang cantik,cerah mengkilat dengan kesehatan alami. Tapi rambut rontok adalah masalah yang membutuhkan penanganan segera.
Ada dapat beberapa faktor di balik rambut rontok seperti efek polusi lingkungan, penuaan, terlalu banyak stres, merokok berlebihan, kekurangan nutrisi, ketidakseimbangan hormon, faktor genetik, infeksi kulit kepala, penggunaan produk rambut yang salah atau obat-obatan tertentu yang diperkaya kimia, dan kondisi medis seperti gangguan tiroid, penyakit autoimun, sindrom ovarium polikistik (PCOS), defisiensi zat besi atau anemia, dan penyakit kronis lainnya.
Ada sekitar 100.000 helai rambut di kulit kepala Anda dan masih dianggap sangat normal untuk kehilangan 50 sampai 100 helai per hari. Tapi ketika Anda mulai kehilangan lebih dari itu, saatnya bagi Anda untuk mengambil beberapa tindakan sehingga tidak berkembang menjadi kebotakan atau bintik botak. Banyak bahan tersedia dapat digunakan untuk mengobati kerontokan rambut di rumah.

Berikut adalah beberapa solusi untuk rambut rontok.

8. Pijat dengan Minyak Rambut

minyak-rambut-3Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rambut rontok adalah untuk memijat kulit kepala Anda dengan minyak rambut yang tepat. Pijat kulit kepala dengan cermat akan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, meningkatkan kondisi kulit kepala, dan meningkatkan kekuatan akar rambut Anda. Hal ini juga akan menjadikan relaksasi dan mengurangi perasaan stres.

Anda dapat menggunakan minyak rambut seperti minyak kelapa atau minyak almond, minyak zaitun, minyak jarak, atau minyak orang-aring. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary untuk untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Jenis minyak yang dapat Anda gunakan adalah minyak yang telah dipergunakan wanita Nusantara sejak jaman dahulu, seperti minyak orang-aring, dan minyak bunga kenanga, khusus untuk minyak kenanga ini akan membuat rambut anda mewangi secara luar biasa.
Pijat salah satu minyak rambut yang disebutkan di atas ke rambut dan kulit kepala dengan tekanan ringan dengan ujung jari Anda. Lakukan ini setidaknya sekali seminggu.

9. Jus Bawang Merah

bawang-rambut

Jus bawang merah membantu mengatasi rambut rontok dan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, regenerasi folikel rambut dan mengurangi peradangan.
Masih ingatkah Anda ketika nenek kita dahulu sering mencampur bawang merah tumbuk dengan minyak klentik atau minyak kelapa?. Hal ini ternyata baik untuk membantu kesuburan rambut Anda.
Sifat antibakteri dalam jus bawang juga membantu membunuh kuman dan parasit, dan mengobati infeksi kulit kepala yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Cara membuat ekstrak jus bawang merah ini mudah, tumbuk atau blender satu bawang merah dan aplikasikan jus langsung ke kulit kepala. Biarkan selama sekitar 30 menit, dan kemudian mencucinya. Akhirnya, keramas rambut Anda.
Campur tiga sendok makan jus bawang dan dua sendok makan gel lidah buaya. Anda juga dapat menambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke kulit kepala Anda dan biarkan selama setidaknya 30 menit sebelum membilasnya off dan keramas rambut Anda.
Ulangi salah satu dari obat ini dua atau tiga kali seminggu selama beberapa minggu.

10. Aloe Vera

lidah-buaya-rambut
Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Juga, sifat-sifatnya alkalizing dapat membantu membawa kulit kepala dan pH rambut untuk tingkat yang lebih diinginkan, yang dapat sangat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Penggunaan teratur juga dapat meredakan kulit kepala gatal, mengurangi kulit kepala kemerahan dan peradangan, menambah kekuatan dan kilau rambut, dan mengurangi ketombe. Kedua lidah buaya gel dan jus akan bekerja.
Oleskan gel lidah buaya atau jus ke kulit kepala.
Biarkan selama beberapa jam dan kemudian mencucinya dengan air hangat.
Ulangi proses tiga sampai empat kali seminggu.
Anda juga dapat mengkonsumsi satu sendok makan jus lidah buaya setiap hari pada waktu perut kosong untuk menikmati pertumbuhan rambut lebih baik.  (Puteri & Lea Gya)

Tinggalkan Balasan