Untuk Cara Racik Cappuccino bermula dari bagaimana membuat espresso yang sempurna. Jika espresso Anda buruk tidak peduli seberapa baik Anda membuat buih atau menuangkan susu, itu tidak akan pernah membuat cappuccino yang baik!


Dasar meracik  cappuccino kira-kira 1/3 kopi, 1/3 susu panas dan 1/3 susu berbusa.

Anda mungkin juga mendengar orang-orang meminta cappuccino kering (lebih buih) atau cappuccino basah (kurang buih ).

Di Italia cappuccino disajikan dalam secangkir 6-7oz, menggunakan espresso tunggal sebagai dasar. Di Inggris orang cenderung untuk suka ukuran cup yang lebih besar, biasanya 10-12oz.

Untuk cappuccino 12oz membutuhkan espresso ganda sebagai basisnya (sekitar 60ml dibuat dengan 12-14 gram kopi), cangkir 18oz akan membutuhkan suntikan espresso triple (sekitar 90ml dibuat dengan ~ 18 gram kopi) dll

Siapkan ukuran yang diperlukan espresso di bawah cangkir.

Siapkan susu dan ketika susu siap untuk dituangkan, mulai menuangkan dari ketinggian sedikit kasar 10cm di atas crema, ke pusat minuman. Hal ini membuat susu melalui crema daripada menutupinya.

Kemudian memindahkan kendi lebih dekat ke kopi sampai praktis menyentuh cangkir, hari-hati menuangkan di pusat minuman. Anda akan melihat warna putih susu pelan-pelan menciptakan lingkaran.

Tepat sebelum cangkir penuh, lembut mengibaskan depan kendi. Ini menarik garis di lingkaran putih membuat jantung atau apel bentuk.

Coklat bubuk dapat digunakan untuk menghias bagian atas minuman meskipun di Italia Cara Racik Cappuccino sering disajikan tanpa topping apapun.

Hal ini lebih baik untuk menghindari taburan cokelat lain karena mereka cenderung manis dan menyembunyikan rasa sejati kopi.

Hal ini penting untuk tidak melanggar Anda tuangkan, itu harus menjadi salah satu manuver mengalir lancar.

Ini adalah bentuk paling sederhana dari seni latte, sekali Anda telah menguasai ini Anda dapat memindahkan ke pola lain seperti daun / pakis dll

Untuk Cara Racik Cappuccino yang terbaik:

Bahan-bahan Kopi Cappucino Spesial

 Kopi instan 125 cc, larutkan
 Susu cair 125 cc
 Milk cooking chocolate 150 gr, lelehkan
 Gula pasir 100 gr
 gelatin putih 40 gr, larutkan dengan 60 cc air panas
 Whipping cream 200 cc
 Telur ayam 3 pcs, pisahkan putih dan kuningnya

Cara Racik Cappuccino Spesial

1. Siapkan wadah untuk mengocok kuning telur, masukkan kuning telur dan kocok bersama dengan gula pasir sampai larut dan mengembang. Kemudian tambahkan kocokan kuning telur dengan susu cair dan kocok rata.
2. Berikutnya, siapkan panci berukuran kecil sedang, tuang kocokan campuran kuning telur dan susu cair di atas, didihkan dan matikan api. Biarkan sejenak sampai uap panas dalam panci menghilang.
3. Selanjutnya, siapkan milk cooking chocolate, larutan gelati, whipping cream dan kopi instan, masukan ke dalam rebusan campuran kuning telur dan susu dalam panci, aduk-aduk merata.
4. Setelah itu, tambahkan kembali kopi cappucino dengan kocokan telur putih, aduk kembali sampai tercampur rata.
5. Terakhir, tuangkan ke dalam cangkir kopi dan dinginkan. Sajikan bersama dengan tambahan sisiran coklat.
Demikian langkah penyajian minuman kopi cappucino nikmat dari racikan resep cara membuat kopi cappucino rasa special.

Secangkir café latte bisa dinikmati tanpa harus menggunakan mesin espresso.

Cara Membuat Espresso

Tanpa mesin espresso, secangkir espresso tetap bisa disajikan, bukan? Sebagai peminum kopi sejati kamu pasti memiliki satu atau dua alat kopi yang bisa menghasilkan espresso.

Jika Anda memiliki alat seperti Handpresso, Rok Presso dan Minipresso, membuat café latte dan cappuccino akan sangat mudah.

Karena kedua alat ini sudah mampu menghasilkan kualitas espresso yang nyaris sama seperti mesin espresso. Tak hanya alat kopi tersebut yang bisa menghasilkan espresso, alat kopi manual brewing seperti Aeropress juga bisa digunakan.

Dengan menggunakan Aeropress dan menambah dosis kopi agar bisa menghasilkan kopi yang lebih strong maka ini juga bisa menjadi bahan dasar membuat café latte di rumah. Mudah ‘kan?

Cara Membuat Steamed & Foam Susu

Untuk membuat steamed and foam susu sebenarnya tidak diperlukan alat pembuat foam mewah. Jika kamu sudah punya Aerolatte di rumah tentu saja membuat steamed and foam susu untuk café latte dan cappuccino menjadi lebih mudah.

Tapi bagaimana jika kamu tak memiliki alat kopi apapun untuk membuat foam susu? Tenang jangan khawatir karena ternyata membuat foam susu tak sesulit yang dibayangkan. Berikut cara membuatnya:

1. Masukkan susu (gunakan susu 2% atau nonfat) ke dalam toples tahan panas dan tutup rapat.
2. Kocok susu tersebut sampai berbusa. Usahakan shake dengan cepat dan berulang-ulang sampai satu menit.
3. Buka penutup toples lalu masukkan toples berisi susu ke dalam microwave. Diamkan selama 30 detik. Susu akan membentuk menjadi foam dengan sendirinya.
4. Foam susu siap untuk digunakan.

Cara Membuat Café Latte & Cappuccino
1. Siapkan cangkir kopi favorit kamu.
2. Masukkan espresso yang telah dibuat dengan menggunakan Handpresso, Minipresso, Rok Presso, Aeropress atau alat kopi lainnya.
3. Tuangkan susu yang telah dimasukkan ke microwave tadi.
4. Tambahkan foam susu yang juga telah dibuat di microwave secukupnya. Jangan sampai terlalu penuh agar tak tumpah di cangkir kamu.
5. Tuangkan foam dengan menggunakan sendok di bagian tengah kopi agar rata.
6. Tambahkan cocoa butter atau cokelat bubuk sebagai garnish-nya.
7. Café latte atau cappuccino kamu siap untuk dinikmati.

(imung)

Tinggalkan Balasan