Simak Cara Merawat sepatu untuk membersihkannya dari jamur pada  Sepatu Kulit (leather shoes) atau sepatu bahan non kulit yang memang rawan terkena jamur.

Jamur adalah musuh sepatu dan infeksi jamur adalah berbahaya bagi kesehatan kulit manusia. Jamur terutama jamur mikroskopis merajalela di daerah tropis, dapat tumbuh di mana saja, termasuk di sepatu.

Apalagi jika sepatu  itu hanya kita simpan dalam dus atau rak sepatu, dan jarang dipakai.

Jamur yang menempel pada sepatu kulit bisa merusak permukaan sepatu kulit, menimbulkan noda dan bercak yang sulit dihilangkan.

Seorang kawan Puteri mengeluhkan jika sepatu kulit miliknya yang baru dibeli dan kebetulan jarang dipakai, dalam jangka beberapa waktu lamanya sudah terkena jamur.

Padahal dalam dus sepatu itu sudah ditaruh silica gel bawaan pabrik untuk penangkal kelembaban.

Memang di negara tropis ini jamur dengan bebas beredar di udara, baik di dalam ruangan maupun di luar ruang.

Jamur ini bisa menempel pada benda apa saja termasuk pada sepatu kulit kita.

Padahal harga sepatu kulit yang asli juga cukup mahal. Maka itu mari kita belajar untuk menghapuskan dan menghilangkan jamur yang terlanjur menempel pada sepatu kita.

Untuk itu pueriputeri.com memiliki beberapa alternatif cara untuk membersihkan jamur pada sepatu kulit kita, pada tas kulit atau pada jaket kulit.

Kita akan perlu :

– Kemeja lengan panjang
– Sarung tangan
– Sebuah masker
– Sikat nilon halus
– Cuka putih
– Larutan PK
– Alkohol
– Air
– Tea tree oil (Minyak Pohon teh)
– Kain lembut

Langkah awal, untuk kesehatan kita maka pakailah kemeja lengan panjang, agar saat membersihkan jamur, sporanya tak menempel di tubuh kita.

Serta pakai masker untuk mencegah kita menghirup spora jamur.
Kemudian ambil sepatu atau produk kulit yang terkena jamur.

Jemur sebentar, di panas mentari kalau bisa di pagi hari.

Sebelum mengaplikasikan pembersihan menyeluruh, sepatu atau produk kulit yang terkena jamur ini kita sikat dengan sikat nilon lembut secara perlahan, kemudian lap dulu pakai kain kering, agar debu yang menempel hilang.

Dalam langkah ini debu mungkin saja hilang, namun jamur masih tetap menempel.

Kemudian ikuti beberapa langkah alternatif di bawah ini agar jamur yang masih menempel pada produk kulit, baik itu sepatu kulit, tas kulit dan jaket kulit bersih sepenuhnya.

Langkah membersihkan jamur pada sepatu kulit, tas kulit dan jaket kulit atau aneka produk kulit lainnya  dari jamur yang sudah lama melekat adalah :

1. Menggunakan PK

Kalium Permanganat atau PK termasuk golongan peroksidan yang dapat melepaskan oksigen (proses oksidasi) sehingga dapat membunuh jamur dan sporanya.

Kalium permanganat (PK) yang cair mudah dibeli di apotik, sedangkan yang bubuk berupa kristal ungu, mudah larut dalam air.

Dalam larutan encer PK merupakan peroksidan. Pelepasan Oksigen terjadi bila zat ini bersentuhan dengan zat organik.

Celup kain kain lembut yang bersih dengan larutan PK. Dengan hati-hati mengusapkannya dengan lembut ke bercak-bercak jamur yang masih menempel.

Ini adalah alternatif pertama.

2. Dengan larutan Cuka

Alternatif kedua adalah campurkan satu bagian cuka dengan satu bagian air.

Cuka putih dapat membersihkan jamur.

Caranya basahi kain lembut dengan campuran dan menggunakannya untuk menyeka permukaan sepatu bersih.

3. Alkohol

Alternatif ketiga anda dapat menggunakan campuran alkohol dan air.

Tuangkan satu bagian alkohol dan satu bagian air, dicampur dan usapkan pada produk kulit, hal ini akan membunuh jamur. Setelah usai, aplikasikan dengan kondisioner kulit setelah produk kulit itu kering.

4. Tea tree Oil

tea tree oil
tea tree oil

Alternatif keempat kita bisa menggunakan minyak pohon teh atau Trea Tea Oil. Minyak pohon teh atau Tea Tree Oil dapat membunuh jamur dan memperbaiki kondisi kulit dalam satu langkah. Ini memperbaiki masalah sepatu Anda secara permanen.

5. Deterjen anti bakteri

 

Alternatif kelima adalah dengan deterjen antibakteri.

Ambil produk kulit yang terkena jamur kemudian lap dengan larutan deterjen anti bakteri.

Tidak perlu dibasuh, hanya di lap saja dengan waslap.
Setelah itu keringkan selama 24 jam.

Untuk membesihkan jamur yang membandel, aplikasikan cara menyemprot campuran alkohol dengan air terlebih dahulu, kemudian barulah lap dengan deterjen anti bakteri, dan keringkan, kemudian bersihkan dengan lap yang dibasahi air bersih, keringkan.

Kemudian pakaikan produk kondisioner kulit bila ada.

Bila tidak ada, kita bisa membuat kondisioner sendiri dari minyak kelapa, oleskan sedikit minyak kelapa pada sepatu, dan usap dengan lembut.

Dengan merawat produk kulit, kita akan memperpanjang usia pakai produk kulit itu sendiri.

Nah sepatu kulit, tas kulit atau jaket kulit Anda sudah nampak oke lagi. Selamat mencoba.

                                                 Manisnya Sepatu Pantofel Wanita

Sepatu kulit yang sudah kita rawat akan bebas dari jamur.

Sepatu pantofel untuk Wanita

Sepatu Pantofel berasal dari kata ‘The pantoufler’ yang berakar  dari kata  Pantoufle (sandal), yang menggabungkan pan (sepotong kain) dengan -oufle akhiran, yang menunjukkan benda yang berarti sepatu dengan alas dan bahan kain.

Sepatu pantofel sebelumnya adalah sepatu pria, muncul sejak tahun 1600-an  kemudian diadopsi untuk perempuan dan lebih dikenal sebagai Loafers. Jangan heran jika kata kunci “sepatu pantofel wanita” di mesin browser, kemudian muncul mirip gambar sepatu Loafers.

Karena sepatu pantofel dan Loafers adalah serupa, tapi tak sama. Modelnya berbeda tetapi memiliki karakteristik dan kenyamanan yang hampir yang sama.

Sepatu pantofel awalnya muncul di dunia fashion sebagai sepatu wanita  sejak awal 1800-an dan umumnya hanya dipakai saat wanita berada di dalam rumah (indoor) serta awalnya dari bahan kain beralaskan karet.

Dalam perkembangan mode, selanjutnya  aka sepatu pantofel tidak hanya dari kain seperti jaman tahun 1800-an namun juga kini sepatu pantofel dapat tampil all season atau segala musim.

Pantofel juga dikenal sebagai cute shoes atau sepatu yang lucu karena modelnya memang unik dan menggemaskan. Pantofel kini dipakai oleh para wanita di banyak acara-acara baik indoor atupun out door. Pantofel untuk wanita juga memiliki beragam warna dan model.

Puteriputeri.com melihat kini sepatu pantofel kebanyakan digunakan oleh wanita perkantoran untuk sepatu kerja sehari-hari. Bahkan jika kita melihat sepatu pantofel kini sudah identik dengan sepatu para wanita karir. Ini karena sepatu pantofel wanita bersifat ringkas, juga elegan fleksibel dan digunakan oleh segala lapisan profesi wanita baik di kantor maupun untuk sekadar pergi jalan-jalan ke mall.

Dimulai dari model sepatu untuk pria, pantofel untuk wanita menjadi trend setter yang mampu menyedot perhatian konsumen wanita.

Untuk merawat sepatu pantofel ini maka pilihlah bahannya dari kulit yang nyaman dikenakan. Dan rawatlah dengan menggunakan semir sepatu, serta menempatkannya di area yang dapat menjauhkan pantofel dari jamur.

Jamur seperti yang telah dibahas di atas artikel ini adalah musuh sepatu pantofel, dan di negara tropis seperti Indonesia ini jamur dapat dengan mudah tumbuh di sepatu dan bagian dalam sepatu. J

ika ingin awet dan jauh dari jamur, maka saat  tidak dipakai taruhlah silica gel pada bagian dalam sepatu pantofel wanita anda agar selalu kering dan dijauhi oleh jamur.

Jika sudah terkena jamur, maka sepatu pantofel bisa dibersihkan dengan disemir, jika bahannya non kulit isa dicuci dengan sabun yang mild. kemudian disemir.

Beberapa merk semir septu yang bagus telah mengandung zat anti jamur.

Menjadi sepatu fashion untuk wanita, sepatu pantofel wanita juga dapat dirancang menjadi sepatu yang mendukung kerja wanita, serta bernuansa resmi untuk tampil maksimal di acara formal. Selain nyaman untuk digunakan, sepatu pantofel wanita yang memiliki konstruksi dasar kokoh, dapat membuatnya mudah digunakan dan melepaskannya kembali. Semua ini menjadi keunggulan  model pantofel yang dikenakan wanita.

(imung mung ming)

Tinggalkan Balasan