Yuk cari tahu Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak…

Sahabat puteriputeri.com wajah yang berminyak sebenarnya normal, yang membuat sedikit mengganggu penampilan adalah ketika minyak di wajah kita berlebih. Sebenarnya minyak di wajah adalah upaya alamiah tubuh kita untuk melembabkan diri. Namun jika anda ingin mengurangi kadar minyak di wajah anda maka caranya sebenarnya gampang sekali.

Sebab utama timbulnya minyak di wajah adalah karena asupan makanan kita. Asupan makanan yang banyak minyak, goreng-gorengan, aneka lemak hewani, dan aneka olahan santan akan menyebabkan keringat kita mengandung minyak berlebih pula. Untuk itu pertama-tama kurangi makanan berlemak, kurangi goreng-gorengan, perbanyak makan rebusan sayur, buah segar dan banyak minum air putih.

Jika sebab dari dalam akibat asupan makanan sudah kita bereskan, maka kita tinjau cara alamiah untuk mengurangi kadar minyak di wajah.

Sahabat puteriputeri.com, kami dari redaksi sudah terlebih dahulu mencoba beberapa cara di bawah ini dan berhasil mengurangi kadar minyak di wajah.

Pergunakan Air Mawar


Pertama-tama ambil beberapa kelopak mawar, bisa mawar jenis apa saja, mawar merah, mawar putih mawar kuning dan lain-lain, sediakan baskom aluminium, kemudian tuangkan air secukupnya kira kira 1-2 liter ke dalam baskom alumnium tadi dan masukkan kelopak-kelopak bunga mawar, kemudian jemur air rendaman mawar tadi di bawah sinar matahari selama 2-3 jam lamanya. Ini untuk memunculkan astringent alami dalam mawar. Setelah air mawar siap maka basuhkan ke wajah, pada sore, malam dan pagi hari. Lakukan rutin selama sebulan lamanya. Dan rutin seterusnya selama anda mudah untuk mendapatkan stok bunga mawar.

Pergunakan getah Lidah Buaya (aloevera)


Penggunaan getah aloe vera untuk wajah ini hanya untuk malam hari saja, dan basuhlah pada dini hari. Caranya ambil aloevera, peras sari getah dari daunnya yang berdaging padat. Dan oleskan tipis- tipis saja pada wajah anda, pertama akan terasa lengket, namun setelah dibasuh dengan air bersih akan terasa sangat segar.

Pergunakan rebusan Daun Teh segar Alami


Ingat, yang dipakai adalah daun teh alami yang segar, yang dipetik dari pohonnya secara langsung. Bagi anda yang tinggal di dekat kebun teh, maka sungguh keuntungan luar biasa untuk dapat mempergunakan rebusan daun teh hijau secara laamiah yang masih segar, bukan yang telah kering dan telah dikemas pabrik. Bedanya daun teh yang masih segar khasiatnya sungguh luar biasa untuk kecantian wajah, dan daun teh yang sudah kering sebaiknya hanya untuk minuman saja. Daun teh segar yang baru saja dipetik, kemudian direbus, tunggu dingin, diamkan, dan basuhkan serta kompreskan pada wajah pada pagi, siang, dan , malam hari. Sangat jarang wanita yang berhasil mendapatkan daun teh alamiah segar yang belum dikeringkan oleh pabrik. Oleh sebab itu redaksi juga usulkan pada kebun-kebun teh, terutama di Bogor dekat dengan tempat tinggal redaksi agar juga menjual di pasar-pasar tradisonal daun teh yang masih hioau laksana kalau kita membeli daun salam segar di pasar-pasar.

Pergunakan rebusan Daun Salam Muda
Jika kesulitan benar menemukan daun teh segar karena rata-rata kebun teh hanya menjual yang telah dikeringkan dan dikemas awet, sebenarnya agak disayangkan juga karena khasiat daun teh yang segar sangat berguna bagi kecantikan wajah. Namun sebagai second choice-nya pergunakan rebusan daun salam muda. Ingat daun Salam yang masih muda yang warnanya hijau muda dan rupa daunnya tipis sekali serta banyak mengandung air, bukan daun salam yang sudah tua. Ambil lima hingga tujuh helai daun salam muda, dan bahagialah para wanita yang menanam daun salam di halaman rumahnya. Ambil daun salam muda dan rebus, tunggu dingin dan kemudian basuhkan ke wajah juga bisa untul kompres wajah pada pagi, siang, malam hari.

Ciptakan Air kenanga

Cara membuat air bunga kenanga juga cukup mudah, siapkan baskom, yang paling baik jenis baskom aluminium karena menghantar panas dengan baik. Isi baskom dengan1-2 liter air bersih dan masukkan bunga kenanga hingga 5-7 tangkai bunga yang sudah kuning masak. Jemur air bunga kenanga dan diamkan hingga 3 jam di bawah sinar matahari. Dan pakailah sebagai basuhan, dan kompresan pada wajah, pakai pagi, sore dan malam hari.

Menggunakan rebusan Sirih

Daun sirih dipilih sebagai alternatif jika bahan-bahan diatas mulai susah diperoleh namun untungnya redaksi menanam juga di halaman. Untuk itu rebus sirih 5-7 daun dalam seliter air. Dan diam kan hingga dingin, pakai basuhan atau untuk kompres wajah di malam hari.

Begitulah resep yang telah dicoba sendiri oleh redaksi puteriputeri.com dan berhasil baik. Karena kebetulan redaksi menaman sendiri di halaman redaksi. Selamat mencoba untuk mengurangi kadar minyak di wajah anda.

(imung mung ming)

Tinggalkan Balasan