Hai para pembaca puteriputeri.com semua, perkenalkan nama saya Meila Nur (19), masih berstatus sebagai mahasiswi di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi di kawasan Jakarta Selatan.
Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang bisnis kuliner rumahan, yakni bisnis kue Bolu Gambang.

Sebelumnya apa itu Bolu Gambang ? Mungkin banyak diantara para pembaca yang belum mengetahui apa itu Bolu Gambang.

Bolu Gambang adalah jenis kue Bolu berbentuk gambang (alat musik berbentuk lingkaran). Keistimewaan kue buatan saya dan mama saya ini adalah cita rasa kayu manis atau cinnamon yang kental terasa dalam kue Bolu  yang berwarna cokelat cerah ini.

Sajian kue Bolu  ini biasanya berbahan dasar utamanya adalah gula merah dan di atas bolunya diberi taburan wijen. Cita rasa kue bolu yang tidak hanya manis, lembut tetapi rasa utama dari Bolu Gambang ini sangat gurih dan beraroma kayu manis.

Cara Buat Bolu  Gambang

Bahan-bahan
500 gram tepung terigu
250 gram gula pasir
250 gram gula merah
250 gram margarin
1 sdt spekuk
1/2 sdt baking soda
1 sdt bubuk cinnamon
25 gram wijen
4 butir telur

Langkah

Cairkan gula merah dgn 1 gelas air dinginkan dan siisihkan diwadah lain,

cairkan margarin,dinginkan dan sisihkan.

Mix telur,bubuk cinnamon dan gula pasir hingga putih mengembang

Masukan terigu,spekuk dan baking soda aduk rata
Lalu masukkan air gula merah dan margarin cair
Tuang ke dalam loyang bundar yang sudah diolesi margarin dan taburi wijen dgn rata
Oven kurang lebih 45 menit
Matang angkat dinginkan lalu disajikan dgn ditemani teh tubruuk atau kopi nikmat 🙂

Saya dan mama saya memulai bisnis Bolu Gambang sejak tahun 2001 lalu, dan Alhamdullilah sampai kini bisnis kue rumahan saya masih bertahan.

Untuk itu saya ingin membagi tips dan cara berbisnis kue rumahan yang bisa dimulai sendiri.
Untuk berbisnis kuliner yang solid maka anda sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Punya Resep Orisinal yang Solid.

Benar pembaca untuk kita agar bisa memulai bisnis kuliner dari rumah sendiri atau home made cullinary maka kita pastinya harus memiliki resep yang orisinal, serta bukan meniru resep punya orang lain. Saya dan mama saya telah membuktikan bahwa Bolu Gambang yang kami buat memiliki rasa yang khas dan orisisnal karena resep ini adalah resep dari mama saya sendiri, yang diwarisinya dari nenek saya. Sehingga Bolu Gambang Home Made kami terus menerima orderan yang lumayan banyak.

2. Konsisten dalam Berbisnis Kuliner Rumahan

Syarat berikutnya adalah kita harus benar-benar konsisten atau terus menekuni usaha kita bagaimana pun keadaannya. Para pengusaha kuliner yang konsisten atau tetap menekuni usahanya, akan memetik hasil yang manis pada bisnisnya kelak. Saya dan mama saya terus konsisten dalam menjalani bisnis Bolu Gambang home made ini, sehingga kini orderan saya mencapai puluhan loyang pe-rharinya. Saat orderan kami ramai, maka mama saya pun menyewa tenaga pembantu. Namun biasanya cukup saya dan mama yang mengerjakannya.

3. Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Menjaga kepercayaan pelanggan amatlah penting, jangan sekali-kali mengecewakan pelanggan, karena satu-satunya bos bagi pengusaha adalah pelanggan atau klien kita. Untuk itu saya dan mama selalu menjaga mutu serta kualitas dari semua produksi Bolu Gambang yang kami buat.

Begitulah pembaca puteriputeri.com yang saya cintai, ini adalah sedikit sharing dari saya dan mama saya, untuk semangat bagi para wanita yang kreatif dan mandiri. Terinspirasi dari semangat inspirasi wanita puteriputeri.com. Bagi para pembaca yang tertarik dengan olahan kuliner masalah harga tak usah khawatir.

Dengan 1 (satu) loyang kue Bolu Gambang seharga Rp. 65.000,- rupiah saja. Anda sudah bisa mencicipi kue yang lezat dan dengan harga yang terjangkau ini.

Jika ingin mencicipi kue bikinan mama bisa dipesan di handphone saya, Meila di 088211738001. Salam semangat inspirasi wanita.

(Liputan oleh : Meila Nur Syamsiani)

Tinggalkan Balasan