Hai sobat puteriputeri.com semuanya apa kabar, kenalkan aku Veronica Juliani akan memaparkan liputan di Pantai Indrayanti, Gunung Kidul.

Pantai Indrayanti, Gunung Kidul, inilah satu lagi wisata pantai di Yogyakarta yang patut Anda kunjungi dari Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Indrayanti, begitu masyarakat lokal ataupun kalangan wisatawan menyebut pantai yang indah dan romantis ini.

Nama pantai Indrayanti, Gunung Kidul terdengar sedikit aneh, sebab namanya lebih mirip nama wanita Jawa. Pantai Pantai Indrayanti, Gunung Kidul, yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunungkidul ini berdekatan juga dengan destinasi populer lainnya di Gunungkidul Jogja, seperti Pantai Baron dan Pantai Krakal.

Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh perbukitan karang. Pantai Indarayati menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai-pantai lain di Gunungkidul. Tidak hanya bentang pasir putih yang mempesona atau megahnya perbukitan batuan karang, jernihnya air laut yang terlihat biru bersih seolah mengajak para wisatawan untuk berenang dan berbaur di dalamnya.

Air laut di Pantai Indrayanti ini memang sungguh bersih, jernih, dan alami karena belum terkontaminasi oleh aneka limbah. Inilah sebab para penikmat perjalanan selalu menyukai untuk berenang dan bermain-main air di Pantai Indrayanti tersebut.

Alamat Pantai Indrayanti: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Lokasi bisa dilihat di google maps.
Koordinat GPS: -8.15022,110.612004

Kisah Dibalik Nama Pantai “Indrayanti”

Pemberian nama Pantai Indarayanti Gunungkidul ini diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. Hal ini berawal dari papan nama “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran sejak tahun 1970-an. sehingga kemudian orang lebih mengenal pantai tersebut sebagai Pantai Indrayanti.

Pemberian nama ini sempat mengundang kontroversi karena pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah memberi nama pantai tersebut, yaitu Pantai Pulang Syawal.

Tetapi, nama Indrayanti terlanjur familiar di telinga masyarakat lokal maupun wisatawan. Pada akhirnya, pantai di Yogyakarta yang terkenal paling bersih ini lebih populer dengan sebutan Pantai Indrayanti.

Peran aktif pihak swasta yang turut ambil bagian dalam pengelolaan Pantai Indrayanti Gunung Kidul cukup membawa dampak positif. Hal ini dapat terlihat dari keseluruhan kawasan pantai yang terja kebersihannya, bahkan hingga sepanjang garis pantai bebas dari sampah.

Hal ini bukan tanpa sebab. Pihak pengelola pantai tak segan-segan menjatuhkan denda atau hukuman pada para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Inilah salah satu alasan di balik kebersihan Pantai Indarayanti Yogyakarta tersebut.

Kenyamanan dan kebersihan adalah misi pengelola untuk menjaga agar kawasan wisata Pantai Indrayanti tidak kotor. Sebuah hal yang tentu saja patut diteladani oleh banyak kawasan wisata alam dan pantai di Indonesia. Ini turut pula menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran diri para wisatawan untuk tidak hanya memuaskan ego wisata semata, tetapi ikut serta menjaga kebersihan alam.

Kuliner di Pantai Indrayanti, Gunungkidul

Tak kalah dengan Pantai Parangtritis atau Malioboro yang lengkap dengan hidangan kulinernya, objek wisata Pantai Indrayanti, Gunung Kidul juga menawarkan serangkaian hidangan yang menggugah selera.

Kegiatan wisatawan di Pantai Indrayanti, Gunungkidul

Di kawasan ini, Anda tidak hanya dimanjakan oleh keindahan wisata pantai, tetapi juga dapat secara leluasa menikmati aneka kuliner yang ada di sana. Anda dapat menemukan sajian nasi goreng, bakso, soto, Gudeg, dan lain-lainnya. Tetapi tentu saja menu yang disajikan lebih didominasi oleh hidangan laut mengingat lokasinya yang berada di kawasan pantai.

Tak hanya cafe dan restoran yang melengkapi pesona Pantai Indrayanti, Gunungkidul, juga terdapat sejumlah penginapan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di pantai berombak cukup tenang ini. Mulai dari café, restoran, hingga penginapan di Pantai Indrayanti, semuanya didesain menghadap ke arah pantai. Inilah sebab pengalaman bersantap dan beristirahat terasa sungguh menyenangkan di sana.

Selepas menikmati sajian kuliner di cafe atau restoran yang ada di Pantai Indrayanti, Anda dapat mencoba pengalaman lain dengan berjalan menuju bukit di arah timur. Di sini tidak ada jalan khusus, artinya Anda harus sedikit ekstrim dengan menerobos semak dan perdu serta sesekali memanjat karang. Mungkin akan sedikit melelahkan, tetapi ketahuilah bahwa semua akan terbayar tuntas tatkala Anda tiba di puncak bukit tersebut.

Dari puncaknya, Anda dapat menyaksikan bentang Samudera Hindia yang begitu luas terhampar sepanjang horizon yang terlihat. Burung camar sesekali terbang melintas dengan paruh membawa ilalang untuk membuat sarang diselingi desau angin laut dan deru ombak, sungguh laksana orchestra alam yang sungguh menawan hati. Indah dan menenangkan. Saat senja tiba, di sinilah spot terbaik untuk mendapatkan sunset di Pantai Indrayanti yang paling menawan.

Rute Perjalanan ke Pantai Indrayanti

Untuk menuju Pantai Indrayanti, Gunung Kidul, perjalanan terbilang mudah karena jalan telah beraspal halus. Tetapi Anda tetap disarankan untuk membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan, sebab dari pusat kota Yogyakarta masih belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke lokasi Pantai Indrayanti.

(Liputan oleh : Veronica Juliani)

 

Tinggalkan Balasan