Yuk Camping di Pulau Semak Daun.

Saya tertarik membaca artikel di puteriputeri.com tentang Pulau Semak Daun, karena itu kemudian saya menjajal untuk melakukan eksplorasi sekaligus untuk mencoba camping atau berkemah di Pulau Semak Daun, Kepulauan Seribu DKI Jakarta.

Maka berangkatlah saya dan teman menuju ke Pulau Semak Daun yang terletak di kepulauan seribu Jakarta.

Dari banyaknya gugusan pulau yang ada di wilayah Kepulauan Seribu, Pulau Semak Daun merupakan salah satu pulau yang paling dikenal bagi kalangan pecinta alam.

Jauh sebelum kemping di pulau menjadi lifestyle anak muda ibukota saat ini, pulau ini sudah menjadi primadona untuk dijadikan sebagai tempat kemping ceria.

Bagaimana cara menuju Pulau Semak Daun?

Pertama kita menuju ke wilayah Muara Angke di Jakarta Utara, di Muara Angke nanti kita langsung menuju ke Dermaga Kaliadem

Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke ini tidak sulit menemukannya, dari terminal bis Muara Angke belok kiri, kemudian lurus terus mengikuti jalan, letak pelabuhan/dermaga Kaliadem ini di ujung jalan sesudah tempat penjemuran ikan.

Pelabuhan Kaliadem yang masih baru ini jauh lebih bagus dari Muara Angke. Terdapat bangunan kantor permanen dengan toilet yang bersih. Selain itu area parkirnya cukup aman karena ada petugas yang menjaga. Dermaganya juga bagus,ada area parkir mobil bagi wisatawan yang meninggalkan mobilnya untuk menyeberang ke kepulauan Seribu.

Dermaga Kali Adem merupakan dermaga yang biasanya diakses untuk menyeberang ke beberapa tempat wisata Kepulauan Seribu.

Jika anda naik angkutan umum maka bisa naik kendaraan apapun yang menuju Muara Angke, kemudian barulah menuju ke Pelabuhan Kali Adem yang tidak jauh dari Muara Angke

Dari Pelabuhan Kali Adem, Anda harus naik kapal tujuan Pulau Pramuka, terlebih dahulu barulah dari Pulau Pramuka nanti menyewa ojek perahu ke Pulau Semak Daun.

Salah satu kapal yang melayani rute ini adalah Kapal Pesona Alam yang memiliki dua dek dimana dek atas untuk lesehan dan dek bawah terdapat bangku untuk penumpang. Hari libur, perahu ini tergolong padat wisatawan.

Dari Pulau Pramuka sewa ojek kapal yang bisa mengantarkan ke Pulau Semak Daun sekaligus ke tempat – tempat spot untuk snorkeling Pulau Semak Daun Dikenal sebagai salah satu Bumi Perkemahan di Kepulauan Seribu, Pulau dengan luas tidak lebih dari empat lapangan tenis ini memang menyuguhkan nuansa tersendiri untuk berkemah / Camping bagi para petualang.

Perairan Pulau Semak Daun

Waktu tempuh kurang lebih 30 Menit dari Pulau Pramuka. Hampir disetiap akhir pekan pulau ini dikunjungi bukan hanya sekedar untuk menikmati pantai yang indah tetapi juga untuk bermalam.

Pulau Semak Daun ini cukup kecil, luasnya sekitar 100 m2.

Tempat ini merupakan Camping Ground dan tidak ada penginapan.

Pertama kali menginjakkan kaki di salah satu pulau dari kepulauan Seribu, saya merasa luar biasa senang. Hamparan pasir putih yang menempel di sela-sela jari kaki, terik matahari yang membakar kulit, dan tentu saja warna air laut cerminan langit biru.

Kita bisa berenang, snorkelling, melihat alam bawah laut, semuanya bisa kita lakukan di Pulau Semak Daun ini.

Oke!

Sebelum lebih jauh lagi menikmati alam, teman- teman mendirikan tenda. Saya membantu sekadarnya saja, hehe.

Biaya sewa tempat tenda Rp. 15.000,- per hari. Cukup murah kan?! Setelah selesai, saya dan teman-teman mulai snorkling ketika matahari berada di sudut 45 derajat. Suhu yang pas untuk menceburkan diri ke dalam laut.

Berkunjung kesini serasa berpindah peradaban. Jangankan listrik, air tawar pun tak ada di pulau kecil ini. Sebelum mengujungi pulau ini, kami pun memutuskan untuk membawa air galon. Air tawar seperti barang mahal disini.

Berpose bersama untuk memory di Pulau Semak Daun saat Senja

Maklum ukuran pulau ini sangat kecil dan yang lebih penting lagi pulau ini tak berpenghuni. Oleh karena itu, siapkan banyak air ketika mengunjungi pulau ini. Terlebih lagi jika ingin camping di pulau ini.

(Liputan oleh : Wahyu Imam Samudera)

Tinggalkan Balasan