Meski Pulau ini bernama Pulau Dolphin namun sama sekali tak ada lumba–lumba disini 🙂

Jangan salah, jadi kita tak boleh membayangkan berenang bersama Lumba-lumba di Pulau Dolphin di kepulauan Seribu, Jakarta. Tidak ada lumba-lumbanya 🙂 serius !

Tapi camping atau berkemah di Pulau Dolphin ini adalah sangat menyenangkan. Pulau Dophin yang masih wilayah Jakarta ini dihiasi dengan pantai pasir putih yang indah, udara yang sejuk dan pokoknya menyenangkan untuk berkemah dan bersantai ala back packer di pulau Dolphin ini.

Bagaimana Cara ke Pulau Dolphin?

Pertama kita menuju ke wilayah Muara Angke di Jakarta Utara, di Muara Angke nanti kita langsung menuju ke Dermaga Kaliadem

Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke ini tidak sulit menemukannya, dari terminal bis Muara Angke belok kiri, kemudian lurus terus mengikuti jalan, letak pelabuhan/dermaga Kaliadem ini di ujung jalan sesudah tempat penjemuran ikan.

Pelabuhan Kaliadem yang masih baru ini jauh lebih bagus dari Muara Angke. Terdapat bangunan kantor permanen dengan toilet yang bersih. Selain itu area parkirnya cukup aman karena ada petugas yang menjaga. Dermaganya juga bagus,ada area parkir mobil bagi wisatawan yang meninggalkan mobilnya untuk menyeberang ke kepulauan Seribu.

Dermaga Kali Adem merupakan dermaga yang biasanya diakses untuk menyeberang ke beberapa tempat wisata Kepulauan Seribu.

Untuk tarif penyeberangan, harganya beragam. satu kali penyeberangan dari Kali Adem menuju Pulau Harapan menggunakan kapal trasisional, Harapan Express, tarif kapal untuk satu orang seharga Rp 55.000, begitu juga dari arah sebaliknya, Pulau Harapan ke Kali Adem.

Untuk jadwal keberangkatan kapal tradisional pada cuaca normal, yaitu: Senin hingga Jumat Pukul 07.00 WIB, sedangkan hari Sabtu Pukul 07.00 WIB. Jadwal bisa berubah, ketika terjadi perubahan cuaca secara ekstrem.

 

Jika ingin menuju ke Pulau Doplhin maka harus transit dulu ke Pulau Harapan. dari Pulau harapan nego ojek perahu atau sewa perahu menju ke Pulau Dolphin.

Waktu terbaik untuk camping di pulau ini adalah pada hari kerja, karena saat hari kerja, senin-jumat  maka Pulau Dolphin ini cukup sepi, tidak ada banyak wisatawan yang hadir.

Maka saya ke sana saat hari Rabu- Jumat, benar, hanya ada beberapa anak muda yang duluan camping di pulau ini, setelah mendirikan tenda, maka pulau ini semua serasa milikmu 🙂

Anda bisa jalan-jalan menyisir di sekitar pulau dengan 5 menit berjalan kaki.

Pulau Dolphin sungguh sebuah tempat kecil di laut luas.

Anda  bisa tidur di tempat tidur gantung (hammock) antara pohon-pohon rindang.

Jangan lupa untuk membawa semua peralatan masak yang ringkas. Tenda yang memadai.

Kemudian saat tiba waktu makan, Anda  bisa membuat resep sendiri, memakai bahan-bahan makanan Anda sendiri, masak sendiri hidangan Anda saat camping di Pulau Dolphin.

Juga bawa cukup  peralatan perlindungan diri, seperti obat-obatan ringan, sarung tangan, senter dengan baterai cadangan, jaket, peluit, dan peralatan berkemah laiannya yang memadai.

Jangan pergi camping tanpa persiapan dengan baik, karena di Pulau ini tidak ada listrik, dan tak ada banyak orang untuk membantu Anda !

Tangung jawab kenyamanan dan keamanan ada pada diri sendiri,,agar liburan Anda menjadi waktu yang bahagia 🙂

Ini foto Sunset di Pulau Dolphin:

Dan ini liputan video camping di Pulau Dolphin. :

(Liputan oleh : Bobby Hardianata)

Tinggalkan Balasan