Bukit Sikunir yang berada di kawasan daratan tinggi Dieng, Wonosobo. Tepatnya di sebelah timur Desa Sembungan. Bukit Sikunir adalah salah satu tempat untuk menikmati munculnya sang surya dengan keindahan sunrise-nya, bukit ini terletak pada ketinggian 2263 meter di atas permukaaan laut. Banyak orang yang mengatakan “Disinilah tempat untuk menyaksikan golden sunrise terindah di Indonesia”.

Aku(Sri Indayani) dan ketiga rekanku Afif,Syahied dan Zulfa mengawali perjalanan liburan kami dari Yogyakarta. Siang itu (19/8) kami menyewa mobil untuk berlibur ke Bukit Sikunir, Dieng, Wonosobo.

Setelah itu kami pun menyiapkan perlengkapan secukupnya. Pada pukul 15:30 kami mulai berangkat menuju Wonosobo. Ketika azan isya mulai berkumandang kami telah sampai di Wonosobo. Kami pun menghentikan perjalanan di sebuah rumah makan untuk makan malam dan beristirahat sejenak.

img_7012Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Desa Sembungan. Udara mulai berubah menjadi dingin dan kami memakai jaket dan sarung tangan yang kami bawa. Sekitar pukul 22:00 akhirnya kami sampai di Desa Sembungan.

Karena saat itu kabut mulai turun dan menutupi jarak pandang, kami menghentikan perjalanan dan beristirahat di mobil. Tetapi semakin malam suhu pun terus meningkat dan membuat kami kedinginan di dalam mobil.

img_6917

Akhirnya kami membuat api unggun dari kayu-kayu bekas untuk menghangatkan diri. Setelah merasa hangat kami masuk kembali ke mobil untuk beristirahat.

Kami terbangun jam 02:00 dan melanjutkan perjalanan lagi menuju tempat tujuan utama kami yaitu Bukit Sikunir. Setelah menempuh jarak sekitar 15 menit kami tiba di Bukit Sikunir.

Sebelum mulai mendaki kami singgah di warung pendakian untuk sedikit menikmati hangatnya segelas kopi.

Pendakian di Bukit SIkunir tidak sama seperti mendaki gunung yang memerlukan waktu sekitar 4-7 jam bahkan lebih. Waktu pendakian disini hanya sekitar 30 menit-45 menit untuk mencapai puncak, jaraknya hanya 1,5 kilometer.

Sebenarnya saya dan ketiga rekan saya tidak terbebani untuk mendaki, tetapi yang menghambat proses pendakian adalah suhu yang sangat dingin, hampir mencapai -10 derajat celcius.

Kami hampir tidak kuat melanjutkan perjalanan karena kaki kami mulai keram dan kaku, dada saya sempat sesak dan sakit. Akhirnya waktu kami banyak terbuang untuk beristirahat.

att_1443861390025_img_7068-1Dengan penuh perjuangan saya dan ketiga rekan saya berhasil sampai di puncak Bukit Sikunir. Tak berapa lama sesampainya kami di atas puncak sang surya pun mulai menunjukan pesonanya. Sungguh indah pemandangan saat itu, serasa berdiri di negeri di atas awan, besarnya kuasa Allah SWT menciptakan keindahan alam di Negeri tercinta ini.

img_6890Kami tidak lupa untuk mengabadikan pemandangan tersebut, kami berfoto sampai tidak terasa mentari pagi mulai bersinar terang. Setelah itu kami bergegas turun ke tempat parkir dan segera membersihkan diri dari pasir-pasir yang mengotori kaki kami, lalu mencari sarapan pagi. Kemudian melanjutkan perjalanan lagi menuju ke Yogyakarta.

Sesampainya kami di Yogyakarta kami menghitung rincian biaya perjalanan :

1. Menyewa mobil 250 ribu/24jam

2. Bensin mobil 200 ribu

3. Uang parkir mobil 10 ribu

4. Uang masuk ke Bukit Sikunir 5 ribu/orang

5. Biaya makan tergantung selera

Semoga info rincian biaya perjalanan tersebut bisa bermanfaat untuk Anda yang berminat untuk datang ke Bukit Sikunir, Dieng, Wonosobo. (Oleh : Sri Indayani, Foto by : Sri Indayani)

1 Comment

  1. Pingback: Memburu Golden Sunrise di Gunung Prau, Dieng - puteriputeri.com

Tinggalkan Balasan