Di artikel kali ini, saya akan membahas tentang pengalaman pribadi saya saat berlibur ke pulau Untung Jawa, nah tapi sebelumnya saya akan memberikan sedikit info menarik tentang pulau ini dan siapa tahu dengan info ini, kalian akan berminat juga untuk mengunjungi pulau kecil cantik di Kepulauan Seribu Indonesia ini.

Ini dia info menariknya : Dari banyaknya pulau-pulau menarik di Kepulauan Seribu Indonesia, Pulau Untung Jawa adalah salah satu pulau yang banyak diminati oleh para wisatawan lokal, selain Pulau Bidadari, Pulau Air, Pulau Damar, atau Pulau Tidung.

Letak pulau kecil ini berdekatan dengan pulau Bidadari. Perjalanan dari Jakarta (Muara Angke) bisa ditempuh dengan waktu 60– 90 menit sedangkan dari Tangerang (Tanjung Pasir) hanya membutuhkan waktu tempuh 15 – 20 menit.

Walau pun hanya pulau kecil namun pulau ini memiliki tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, seperti pantai, hutan mangrove, sarana rekreasi, tempat belanja kerajinan lokal dan kuliner.

Menurut pengalaman pribadi saya saat mengunjungi pulau kecil nan cantik ini, warga lokal Untung Jawa cukup baik dan ramah terhadap para pengunjung/turis yang datang, terbukti mereka dengan senang hati membantu saya mencarikan sebuah homestay yang nyaman, agar saya bisa beristirahat setelah seharian mengelilingi tempat-tempat indah, berenang dan juga menikmati sarana rekreasi lainnya.

Karena ini adalah pengalaman pertama saya berlibur ke sebuah pulau, dari sini pandangan saya terhadap pulau-pulau kecil di kepulauan seribu berubah 180 derajat, dulu saya berfikir bahwa tinggal di pulau kecil itu sangat menyeramkan dan membosankan karena hanya ada pepohonan besar dan hanya bisa melihat laut sejauh mata memandang, namun kenyataannya pulau Untung Jawa menepis semua ketakutan saya dan bahkan saya merasa menyesal kenapa tidak dari dulu saya berlibur ke pulau-pulau kecil yang ada di Kepulauan Seribu.

Dan berenang di bibir pantai pulau Untung Jawa menambah pengalaman seru untuk saya pribadi, mencari kerang dan batu karang, lalu bermain pasir bersama teman-teman membuat saya bisa melepaskan penat dan merubahnya jadi banyak tawa selama berada di pulau ini.

Malam harinya saya dan teman-teman membuka tenda di pantai dan membuat api unggun, bernyanyi-nyanyi riang di iringi guitar, sambil menunggu ikan dan ubi bakar matang. Liburan kali ini saya manfaatkan semaksimal mungkin karena memang saya merasa saya sangat butuh liburan dan tertawa lepas.

Saya sengaja bangun sangat pagi karena ingin mengejar sunrise di pantai sebelah timur pulau Untung Jawa dan ternyata sungguh sangat tidak menyesal bisa menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari, seolah laut dan matahari menyatu membuat saya terkagum-kagum akan indahnya fenomena sunrise, sungguh besar kuasamu ya Tuhan.

Siangnya saya mengunjungi hutan mangrove yang ada di pulau Untung Jawa, tidak lupa mengabadikan keindahannya dengan kamera handphone yang saya bawa, walau pun bisa di bilang sinar matahari saat itu sangat menyengat namun tak menyurutkan semangat saya untuk menjelajahi hutan mangrove ini.

Sepulang dari hutan mangrove ke homestay, saya beristirahat sebentar, lalu setelah itu mandi dan bersiap-siap untuk mengakhiri liburan ini, saya memang merasa kurang puas, namun apa daya, kami hanya menyewa homestay dan perahu untuk dua hari.

Hanya bisa menikmati pulau Untung Jawa dua hari semalam membuat saya merasa berat saat meninggalkan pulau ini, karena masih banyak tempat seru di pulau itu yang belum sempat saya kunjungi, dan hal ini lah yang membuat selama perjalanan pulang, di hati saya terus berkata  :“Saya harus kembali lagi ke Pulau Untung Jawa”.

(Liputan Oleh : Hijrah Jayanti)

Tinggalkan Balasan