Situ Patenggang terletak di Ciwidey Bandung, Jawa Barat. Nama Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda yakni Pateangan-teangan (saling mencari) memisahkan cinta putera Prabu Kian Santang dan puteri titisan Dewi Rengganis yang besar bersama alam di Situ Patenggang.

Alkisah, Kian Santang dan Dewi Rengganis harus berpisah untuk sekian lama, namun karena cinta mereka yang begitu dalam maka mereka saling mencari dan akhirnya dipertemukan kembali di sebuah tempat yang sampai saat ini dinamakan “Batu Cinta”.

Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi pulau yang berbentuk hati (pulau Asmara/ pulau Sasaka) di tengah Situ Patenggang.

Menurut kisah legenda atau urban legend, maka barang siapa yang singgah di Batu Cinta yang mengelilingi pulau Asmara ini konon senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti kisah cinta nan romantis.

Namanya juga hikayat yang membuat manis tempat wisata, maka kebijakan pengunjung diperlukan untuk menilai benar tidaknya hikayat dalam kisah legenda ini.

Untuk memasuki kawasan objek wisata Situ Patenggang para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 6000,- per orang yang tentunya sangat terjangkau.

Menariknya, lokasi Situ Patenggang ini ternyata dekat dengan lokasi Kawah Putih Ciwidey, yakni sekitar 6 Kilometer dari Kawah Putih Ciwidey, untuk menuju ke Situ Patenggang dari Kawah Putih Ciwidey maka pengunjung hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit jika naik kendaraan pribadi.

Perjalanan dari Kawah Putih menuju Situ Patenggang cukup mulus dengan alur jalan yang berkelok-kelok dan naik turun.

Perjalanan ini juga melewati kebun teh Rancabali. Pemandangan Kebun teh Rancabali ini sungguh indah dengan hamparan panorama kehijauan yang luas.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Sahabat Puteriputeri.com, untuk pintu masuk Situ Patenggang terdapat di pingir jalan (sebelah kanan dari arah Kawah Putih Ciwidey) dengan papan pengumuman bertuliskan ‘Patenggang’. Untuk para pengunjung dikenakan Harga Tanda Masuk sekitar Rp. 6000,- per orang plus parkir mobil Rp. 15.000.

Untuk menuju ke lokasi Situ Patenggang pengunjung harus berjalan kaki sejauh satu kilometer dari gerbang masuk, jadi hitung-hitung olahraga.

Di lokasi Situ Patenggang pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berdayung ke tengah Situ (danau), dengan berperahu pengunjung dapat menikmati pemandangan Situ Patenggang.

Tidak hanya itu dengan menggunakan perahu ini pengunjung juga bisa mencapai lokasi Batu Cinta yang ada di Situ Patenggang ini. Selamat berwisata di Situ Patenggang.

(imung/putri)

Tinggalkan Balasan