Kondisioner secara tradisional adalah sebagai cem-ceman Rambut. Berikut berbagai macam kondisioner untuk merawat rambut Anda.

Nenek Moyang kita jauh sebelum adanya kondisioner rambut kemasan moderen telah sering kali menggunakan cem-ceman atau dikenal sebagai minyak cem-ceman untuk merawat kecantikan rambut nenek moyang kita. Itulah sebabnya kita sering kali melihat bahwameski rambut nenek kita memuth namun banyak yang masih sehat, meski pigmen rambut telah berkurang akibat usia tua.

Jika Anda ingin menggunakan cara alami dan menghemat pengeluaran untuk membeli kondisioner rambut yang mengandung bahan kimia di super market, yang mungkin lebih berbahaya dalam jangka waktu lama untuk rambut Anda. Maka kondisioner rambut alami yang mudah dapat dibuat di rumah. Dan jika Anda memiliki rambut rusak dan sangat kering, maka Anda dapat menggunakan kondisioner rambut buatan Anda sendiri.

image-12

Cara Membuat Homemade Conditioner Rambut

Pada artikel ini, Anda akan menemukan resep terbaik buatan sendiri untuk kondisioner rambut yang akan membuat rambut Anda sehat, lembab, mengkilap dan halus lembut.
Suatu hal yang baik tentang semua DIY (Do It Yourself) resep kondisioner rambut ini adalah bahwa semuanya memiliki satu kesamaan: semua dapat dibuat dengan mudah dengan sebagian besar bahan-bahan alami sudah tersedia di dapur Anda.
1. Campuran Minyak Zaitun, Madu, Telur, Alpukat Dan Pisang sebagai Kondisioner Alami Untuk Rambut Kering dan Rusak:

image-11
Ini mungkin adalah kondisioner buatan sendiri yang terbaik untuk rambut rusak. Pisang memelihara dengan baik rambut Anda apapun jenis rambut anda, apakah itu lurus, ikal atau keriting. Alpukat tidak hanya melembutkan dan melembabkan rambut Anda, tetapi membantu pertumbuhan rambut juga. Minyak zaitun menembus jauh ke dalam akar rambut Anda dan membuatnya sehat dan mengkilap. Madu menambah kilau dan bersinar untuk rambut Anda. Telur berkhasiat untuk menyuburkan rambut Anda.
Anda akan perlu bahan-bahan:
(i) 1 pisang matang
(ii) 1 alpukat matang
(iii) 1 telur
(iv) 1 sendok makan madu
(v) 2 sendok makan minyak zaitun extra virgin

Cara membuat kondisioner Alami:
(i) Kupas alpukat matang dan potong menjadi setengah (penggunaan setengah atau alpukat penuh tergantung panjang rambut Anda). Lembutkan sampai berubah menjadi pasta halus.
(ii) Hancurkan setengah pisang, tambahkan sekitar 2 sendok makan minyak Zaitun extra virgin dan aduk dengan pasta alpukat dan 1 sendok makan madu untuk membentuk campuran yang seragam.
(iii) Kocok dengan baik telur dan campur dengan campuran di atas sampai menjadi adonan pasta.
(iv) Rambut Anda perlu dikeringkan sebelum mengaplikasikan kondisioner ini. Pakailah secara merata kondisioner Alami ini mulai dari bagian atas rambut Anda, tetapi pastikan untuk tidak menerapkannya pada kulit kepala Anda.

Kemudian usapkan secara merata hingga ke bawah dan fokus pada ujung rambut yang lebih rentan untuk rusak. Biarkan dingin selama sekitar 25 menit, dan kemudian bilas bersih dengan air, dengan tidak meninggalkan residu di rambut Anda. Sekarang menikmati rambut halus dan mengkilap Anda. Jika diperlukan cucilah rambut Anda dengan shampo favorit Anda untuk membersihkan semua residu dari kondisioner Alami ini.

2. Minyak Kelapa, Yoghurt, Air Mawar dan Madu sebagai Kondisioner Alami Untuk Rambut Kering:

krimbath-2

Kondisioner rambut alami ini diisi dengan kekayaan madu yang membantu dalam melembabkan setiap helai kasar dan kebaikan minyak kelapa yang membuat untuk hilangnya keratin. Yoghurt membantu dalam melembabkan dan memperkuat folikel rambut membentuk akar. Air Mawar untuk kesegaran alami Rambut.

Anda akan perlu:

(i) 3-4 sendok makan minyak kelapa murni
(ii) 2 sendok makan madu organik
(iii) 1 sendok makan plain, yoghurt tanpa rasa (opsional)
(iv) Beberapa tetes air mawar (opsional)

Cara membuat: Aduk semua bahan dalam mangkuk kaca kecil. Terapkan kondisioner secara menyeluruh pada rambut basah dan kulit kepala. Jika diperlukan pakailah topi mandi setelah kondisioner alami ini selesai diaplikasikan pada rambut dan kulit kpala. Biarkan selama sekitar setengah jam dan kemudian mencucinya dengan air. Jika diperlukan mencuci rambut Anda dengan sampo favorit Anda untuk membersihkan semua residu dari kondisioner.

3. Kondisioner alami Rambut dari Telur, Yogurt Dan Mayonnaise:

krimbath-3

Meskipun, conditioner buatan sendiri ini terdengar mirip makanan, tapi itulah manfaat bahan-bahan yang food grade, alami dan menyehatkan. Nutrisi yang terkandung dalam telur tidak hanya memperkuat folikel rambut Anda, tetapi juga memperkaya minyak alami hadir di kulit kepala – sehingga kondisioner ini mengurangi kekeringan dan ketombe. Hal ini juga mengurangi rambut rontok. Yogurt membuat rambut Anda terlihat lembut dan berkilau.

Anda akan perlu:

(i) 1 cangkir plain, yoghurt tanpa rasa atau dadih
(ii) 1/2 cangkir mayones
(iii) 1 telur

Cara membuat: Kocok telur dengan baik dan mencampur semua bahan secara menyeluruh dalam mangkuk kaca dan Anda siap untuk memakai bahan ini. Usapkan secara halus ke rambut Anda dari akar hingga ujung rambut, konsentrasikan pada ujung mana rambut Anda yang paling rentan terhadap kerusakan. Pastikan Anda menutup semua helai baik. Jika perlu pakai topi mandi, sebagian kondisioner ini mungkin menetes, maka Anda dapat menyelipkan tisu atau kapas bola di sekitar tepi topi mandi atau membungkus kepala Anda dengan handuk basah. Biarkan untuk sekitar 40 menit. Setelah selesai, saatnya untuk melihat keindahan pada rambut Anda. Bilas secara menyeluruh benar-benar menggunakan air suam-suam kuku normal yang hangat. Setelah Anda telah dibilas, Anda dapat memilih untuk keramas rambut Anda, atau menunggu dan membiarkan conditioner tetap bekerja menutrisi rambut anda.

4. Pisang, Telur, Madu Dan Minyak Zaitun Sebagai Deep Kondisioner Rambut:

krimbath-5

Kondisioner alami ini membuat rambut Anda lembut dan halus. Pisang sangat bagus untuk rambut rusak dan minyak zaitun meresap ke dalam rambut untuk memberikan efek pelembab jauh di dalam poros rambut. Resep hair conditioner buatan sendiri bekerja heran untuk rusak, rambut kering.

Anda akan perlu:

(i) 1 pisang matang
(ii) 1 telur
(iii) susu 3 sendok makan
(iv) 3 sendok madu
(v) 4 sendok minyak extra virgin

Cara membuat: Haluskan semua bahan bersama-sama untuk membuat pasta adonan. Aplikasikan ke rambut dan biarkan untuk selama sekitar 30 menit. Pakai topi mandi untuk menghindari menetes. Bilas dengan air secara menyeluruh, agar tak meninggalkan residu pada rambut Anda. Jika diperlukan cuci rambut Anda dengan sampo favorit Anda untuk membersihkan semua residu dari kondisioner.

5. Alpukat, Shea Butter Dan Apple Cider Vinegar sebagai alternatif kondisioner:

krimbath-6

Tak salah lagi, Ini adalah hair conditioner buatan sendiri untuk rambut kering sangat ideal bagi mereka yang memiliki ketebalan rambut bergelombang, karena menyediakan pelumasan untuk rambut yang membuat mudah untuk mencegah kusut dan meluruskan rambut.

Anda akan perlu:

(i) 1 alpukat matang
(ii) 1/2 cangkir Shea butter
(iii) 3 sendok makan cuka sari apel

Caranya: Haluskan semua bahan bersama-sama sampai benar-benar halus dan merata. Terapkan serta usapkan pada rambut dan menunggu sekitar 30 menit sampai mengering. Pakai topi mandi untuk menghindari kondisioner alami ini menetes. Bilas bersih dengan air. Jika diperlukan mencuci rambut Anda dengan sampo favorit Anda untuk membersihkan semua residu dari kondisioner.

6. Jeruk Orange, Yogurt Dan Santan sebagai Kondisioner Alami:

krimbath-7

Jeruk memiliki kandungan pendingin alami yang membantu dalam melestarikan kemilau dan kekuatan rambut. Jeruk mengandung vitamin C dan bioflavonoid yang membantu dalam mencegah kerusakan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Vitamin E dan lemak isi santan melembabkan dan memelihara rambut.

Anda akan perlu:

(i) 1 cangkir plain, yoghurt tanpa rasa
(ii) 1/4 cangkir jus jeruk
(iii) 4 sendok makan jus lemon
(iv) 1/4 cangkir santan kelapa
(v) 1 telur

Caranya: Haluskan semua bahan bersama-sama sampai mereka membentuk pasta halus. Menerapkannya ke rambut basah, dan tutupi kepala Anda dengan shower cap. Biarkan selama sekitar setengah jam dan cuci bersih dengan sampo ringan favorit Anda.

7. Madu dan Santan sebagai Deep Kondisioner Untuk Rambut Kering:

krimbath-8

Santan adalah berfungsi sebagai ‘deep conditioning’ pada rambut Anda setrta menambahkan kelembaban untuk rambut. Santan kelapa adalah lebih ringan dari minyak kelapa, penuh dengan kebaikan, kaya protein, vitamin dan mineral. Karena semua sifat ini, ia bekerja sebagai kondisioner alami organik untuk rambut kering. Madu bertindak sebagai humektan yang menarik dan membantu untuk menyegel kelembaban. Gliserin membantu mengunci kelembaban pada rambut. Semua bahan-bahan alami ini bekerja untuk rambut kering dan rambut keriting. Ini adalah kondisioner rambut DIY (Do It Yourself) untuk membantu mengunci kelembaban, dan dengan demikian membuat rambut keriting menjadi lebih indah.

Anda akan perlu:

(i) santan 1/4 gelas besar
(ii) 2 sendok makan madu
(iii) 1 kapsulvitamin E
(iv) Beberapa tetes air mawar
(v) Beberapa tetes gliserin – Bentuk terbaik adalah gliserin sayuran
(vi) Beberapa tetes kondisioner favorit Anda (opsional)

Metode: Campur semua bahan (kecuali vitamin E kapsul) bersama-sama dalam mangkuk kaca. Buka kapsul vitamin E dan tuangkan isinya ke dalam mangkuk. Aduk secara menyeluruh untuk membuat campuran halus. Oleskan campuran tersebut pada rambut Anda dan menutupi rambut dengan shower cap untuk menghindari menetes. Biarkan campuran selama sekitar 25 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat. Jika diperlukan mencuci rambut Anda dengan sampo favorit Anda untuk membersihkan semua residu dari kondisioner. Dan Wow – tidakkah Anda terkejut melihat rambut halus Anda?

8. Powerfull Moisturizing atau Penyejuk Rambut Alami yang kuat dari aneka Minyak:

krimbath-9

Ingat minyak cem-ceman milik para nenek moyang kita dahulu ?, Bahan ini prinsipnya sama. Minyak alami adalah cara yang bagus untuk mengembalikan kelembaban dan menyuburkan rambut Anda. Aneka Minyak alami dapat menembus ke poros akar rambut Anda dan memelihara dari dalam. Minyak Alami yang dikemas dengan asam lemak dan nutrisi yang membantu memperbaiki rambut rusak dan melindungi dari kerusakan lebih lanjut dan hilangnya kelembaban.

(i) Minyak Kelapa: Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang dapat melembabkan dan memelihara kulit kepala dan rambut. Ini mengurangi kerusakan rambut dan membuat rambut Anda bercahaya. Rambut Anda akan lembut dan mengkilap. Minyak kelapa bekerja sebagai kondisioner bahkan untuk rambut berminyak, dan dapat benar-benar disebut conditioner alami untuk rambut berminyak.
Untuk hasil terbaik gunakan minyak kelapa yang tidak dimurnikan ke kulit kepala Anda dan seluruh rambut Anda, dengan lebih berkonsentrasi pada ujung rambut Anda. Anda dapat menerapkannya ke rambut kering atau basah Anda, tergantung pada pilihan Anda. Minyak kelapa akan bekerja lebih mudah melalui rambut basah. Sisir rambut Anda agar minyak kelapa mengenai rambut secara merata. Tutupi kepala Anda dengan shower cap, dan menyelipkan semua rambut Anda di dalamnya. Biarkan minyak kelapa pada rambut Anda selama sekitar satu jam atau semalam. Selanjutya cuci rambut untuk menghilangkan minyak kelapa sepenuhnya.

(ii) Minyak Alpukat: Minyak Alpukat merupakan kondisioner alami yang menakjubkan untuk rusak, rambut kering. Menembus ke dalam batang rambut Anda dan mencapai jauh di dalam untuk memberikan dan mengunci kelembaban. Ini sesak penuh dengan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, yang membantu pertumbuhan rambut dan memberikan rambut bersinar sehat. Minyak alpukat hangat bertindak sebagai kondisioner yang baik. Menerapkannya dalam kondisi hangat, meninggalkannya selama sekitar 30 menit kemudian mencucinya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pakailah dalam kondisi hangat, biarkan semalam kemudian mencucinya setelah bangun pagi.

(iii) Olive Oil: Minyak zaitun extra virgin adalah emolien alami yang dapat menembus rambut Anda jauh di dalam jauh lebih baik daripada minyak lainnya. Minyak zaitun hangat dapat bekerja untuk kondisi dalam rambut Anda dan menambah kelembaban ke kulit kepala Anda. Menghangatkan satu sendok makan minyak zaitun, dan terapkan pada rambut dan kulit kepala dalam gerakan melingkar menggunakan jari-jemari. Tutup rambut dengan shower cap atau bungkus plastik. Biarkan minyak zaitun pada rambut Anda selama sekitar 35 menit, dan kemudian mencucinya dengan sampo favorit Anda.

image-13

Tips tambahan Kecantikan rambut alami:

(i) Untuk aroma yang menyenangkan, Anda dapat mencampur satu tetes minyak esensial favorit Anda ke salah satu dari berbagai kondisioner rambut buatan sendiri di atas sebelum menerapkan ke rambut Anda.
(ii) Jumlah masing-masing bahan dapat bervariasi sesuai panjang rambut Anda.
(iii) Setelah menggunakan salah satu kondisioner alami di atas, Anda dapat mencuci rambut Anda dengan sampo favorit Anda untuk membersihkan semua residu kondisioner dari rambut Anda.

Dan ucapkan terimakasih pada para nenek moyang kita yang memang dari dulu telah mengenal cem-ceman sebagai aneka jenis kondisioner alami rambut.
Cara Creambath Sendiri Di Rumah

krimbath

Creambath merupakan rutinitas yang sering dilakukan oleh wanita untuk merawat dan menjaga kebersihan rambut. Melakukan creambath biasanya dilakukan di salon-salon kecantikan.

Namun, ternyata Anda dapat melakukan creambath sendiri di rumah. Mungkin hal ini sudah terlintas dalam benak Anda, akan tetapi tidak tahu cara melakukan creambath sendiri di rumah. Melakukan creambath sendiri di rumah akan membuat rambut Anda mendapatkan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh rambut.

Adapun cara creambath sendiri di rumah antara lain:

1. Memilih krim yang digunakan dengan tepat

Memilih krim untuk creambath memang gampang-gampang susah. Anda harus benar-benar memilih dengan tepat krim untuk rambut. Pandai memilih krim yang mengandung zat-zat yang memang dibutuhkan oleh rambut. Jika rambut Anda termasuk dalam kategori rambut yang rontok, maka Anda harus memilih krim creambath yang dapat mengatasi rambut rontok. Yang terpenting adalah pemilihan krim harus disesuaikan dengan kebutuhan rambut Anda.

2. Mencuci rambut sebanyak dua kali

Sebelum menggunakan krim creambath, Anda harus membersihkan rambut dengan menggunakan shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Penggunaan sampho dilakukan sebanyak dua kali yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang terdapat pada rambut. Dengan rambut yang bersih, maka penyerapan zat yang terdapat pada krim dapat sempurna. Sehingga hasil creambath dapat maksimal.

3. Mengeringkan rambut dengan cara yang benar

Setelah melakukan keramas menggunakan sampo, rambut harus dikeringkan dengan baik dan benar. Anda harus menggunakan handuk yang dapat menyerap air dengan cepat dan maksimal. Ketika Anda menggosokkan handuk pada rambut, sebaiknya jangan terlalu keras. Hal tersebut dapat membuat rambut menjadi rapuh dan akibatnya akan rontok. Gosokkan secara perlahan sambil sesekali dipijat dengan lembut.

4. Mengaplikasikan krim creambath dengan benar

Cara mengaplikasikan krim dengan benar yaitu dengan membagi rambut sebanyak 4 bagian terlebih dahulu. Barulah setelah itu, Anda dapat mengoleskan krim hingga benar-benar merata. Cara mengaplikasikan krim tersebut bertujuan untuk mempermudah dan agar hasilnya dapat maksimal. Ketika mengaplikasikan krim, Anda harus benar-benar memperhatikan apakah sudah merata dari pangkal hingga ujung rambut atau belum. Setelah krim merata, barulah Anda memijat kepala Anda sendiri untuk membuat Anda merasa rileks.

Akan lebih hemat dengan cara creambath sendiri di rumah.

Semua cara creambath di atas, pastinya akan membuat pengeluaran bulanan Anda semakin hemat. Terlebih krim untuk creambath dapat Anda dapatkan dengan mudah di toko yang menyediakan peralatan salon yang lengkap dengan harga murah. Segera lakukan creambath sendiri di rumah untuk mendapatkan rambut yang sehat dan juga berkilau. Cara tersebut sangat cocok bagi Anda yang tidak suka berlama-lama berada di salon. Apalagi jika Anda termasuk orang yang tak terlalu rajin untuk pergi ke salon kecantikan.

Selamat kembali ke alam.

(Oleh : Eugenia Gracia Angela )

Tinggalkan Balasan