Hallo para pembaca puteriputeri.com, bertemu lagi dengan saya Verine Aprilla dan kali ini saya akan memberi informasi tentang salah satu pusat perbelanjaan yang sangat terkenal di daerah Jakarta Pusat apalgi kalau bukan Passer Baroe.

Pusat perbelanjaan Passer Baroe  a.k.a (as known as) Pasar Baru yang ikonik ini terletak persis di depan tempat dulu saya bersekolah yaitu SMK Negeri 27 Jakarta.

Apa ada yang sudah tau tempat apa yang akan saya jelaskan ?
Okay, straight to the point ya…

Hampir seluruh warga Jakarta pernah mengunjungi tempat perbelanjaan Passer Baroe  a.k.a Pasar Baru yang terkenal serta ikonik Jakarta ini, dikarenakan letak nya yang sangat strategis dan penuh dengan banyak histori di masa lalu.

Pusat perbelanjaan ini dibangun pada tahun 1820 sebagai Passer Baroe sewaktu Jakarta masih bernama Batavia.

Toko-toko di Passer Baroe dibangun dengan gaya arsitektur Tiongkok dan Eropa.

Walaupun Pasar Baru ini dibangun sudah lama tetapi ada juga toko-toko lama yang masih berjualan hingga kini yaitu Apotek Kimia Farma, toko Lee Ie Seng, toko perabot rumah tangga Melati, toko jam Tjung-Tjung, dan toko kacamata Seis (Tjun Lie).

Hingga saat ini, masyarakat berbelanja kebutuhan kain untuk menjahit masih banyak yang datang mengunjungi tempat ini, karna dapat dilihat dari pertama masuk gerbang besar nya hingga ujung pusat pertokoan ini menjual banyak sekali kain fabric yang dapat digunakan untuk menjahit pakaian.

Bukan itu saja, jika masyarakat mau belanja barang yang sudah ada price tag nya maka Pasar Baru ini juga menyuguhkan tempat perbelanjaan yang lebih modern contohnya yaitu Matahari Dept Store dan Ramayana yang masih ada di lingkungan Pasar Baru ini.

Di ujung utara Jalan Pasar Baru dulunya merupakan pusat pedagang komik tetapi saat ini banyak pedagang yang menjual makanan ringan seperti gorengan dan pernak pernik untuk handphone.
Pasar baru juga menyediakan tempat untuk Gramedia, agar masyarakat yang mencari keperluan sekolah dapat dengan mudah datang ke Pasar Baru ini.

Satu hal yang menarik minat pengunjung untuk datang ke tempat ini ialah karena adanya satu toko yang menjual berbagai macam alat elektronik hingga mainan anak anak yang menjual barang nya dengan harga diskon disetiap barang nya loh… Toko itu ialah Go-Lo, mungkin bagi masyarakat yang sering berbelanja di Pasar Baru sudah tidak asing lagi dengan toko ini karena setiap hari nya toko ini pasti ramai pengunjung.

Jika para pembaca puteriputeri.com berminat untuk datang berbelanja di Pasar baru, maka saya akan memberi tahu rute yang dapat dilalui untuk sampai di pusat perbelanjaan ini :

1. Jika anda menaiki Transjakarta koridor 3, maka anda dapat turun dihalte Ps. Baru
2. Jika anda menaiki Mayasari Bakti AC63 rute Pasar Baru-Bekasi via Rawamangun – Salemba – Pramuka – Gambir – Tol Jatibening – Tol Barat

Saran saya, anda lebih baik menaiki Transjakarta karena lebih memudahkan anda dan lebih hemat pada ongkos yang dikeluarkan. Waktu yang ditempuh jika anda berada di terminal pasar senen itu hanya sekitar 10 menit saja, dan hanya melewati 2 lampu merah lalu berbelok ke kiri dan sampai di tujuan anda yaitu Pasar Baru.

Baiklah, hanya itu saja informasi yang dapat saya sampaikan untuk para pembaca Puteriputeri.com semoga liputan saya bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengunjungi Pasar Baru.

(Liputan oleh  : Verine Aprilla)

Tinggalkan Balasan