Pembaca puteriputeri.com, ternyata benar bahwa Bakwan Kuah Khas Bangka as known as Bakwan Bangka ini lain dari cita rasa bakwan dari daerah lain, misal Bakwan Malang atau Bakwan Surabaya. Bakwan Kuah khas Bangka ini segar, dan membuat hari Anda berlangsung lebih menyenangkan dan mengenyangkan 🙂

Bakwan Bangka begitulah panggilan sehari-harinya.

Bakwan disini bukanlah seperti bakwan pada umumnya yang dikenal banyak orang. Karena bakwan yang satu ini bukan termasuk dalam kategori gorengan.

Akan tetapi bakwan disini adalah makanan berkuah yang terbuat dari Kelesan (Pempek) yang berkuah. Kuahnya pun memiliki rasa yang khas karena rempah-rempah yang digunakan sesuai dengan daerah ini seperti lada dan sebagainya.

Harga yang ditawarkan juga sangat pas sekali dengan ukuran kantong yang tipis. Untuk menikmati bakwan ini, Anda cukup merogoh koncek (Saku) sekitar Rp. 500 hingga Rp. 1.000 per buah. Anda bisa memilih porsi anda sendiri karena harga yang ditawarkan per buah bukan per porsi.

Bakwan Bangka ini sendiri memakai bahan seperti daging ikan giling, tepung sagu, telur, air es, dan Garam dan penyedap secukupnya. Sedangkan untuk bahan kuahnya yaitu air, tauge,cabe rawit utuh,bawang merah,haluskan, bawang putih,haluskan, lada bubuk, garam dan penyedap/gula secukupnya, kecap asin, minyak untuk menumis secukupnya, daun bawang,iris-iris.

Untuk cara pembuatannya sendiri yang pertama panaskan minyak,tumis bawang merah halus,bawang putih halus dan merica bubuk hingga harum.

Sisihkan.

Masukkan air kedalam panci,tambahkan bumbu yang telah ditumis,masak hingga air mendidih.

Tambahkan kecap,garam dan penyedap/gula,aduk rata.Koreksi rasanya.

Masukkan pempek yang telah dipotong-potong.

Masak hingga pempek kecoklatan. Masukkan daun bawang,tauge dan cabe rawit utuh,matikan api, Sajikan.

Ada beberapa fakta mengenai makanan khas bangka yang katanya masih sangat alami. Artinya masih banyak makanan olahan di sana yang tidak mencampurkan bahan kimia berbahaya. Selain itu olahannya juga terbuat dari ikan segar yang bebas dari pengawet.

Tidak heran para kakek nenek di sana memiliki tenaga yang kuat dan masih terlihat segar. Tempat wisata di bangka belitung umumnya memiliki sajian makanan bangka yang khas untuk lidah anda. Selain makanan, banyak terdapat pantai indah di Bangka yang merupakan objek wisata terkenal di Indonesia.

(Liputan oleh : Depati Barin)

Tinggalkan Balasan