Hai teman” puteriputeri.com yang terkasih, kali ini aku akan menceritakan pengalaman ku saat sekolah ku membawa kami semua anak SMA Study Tour ke Jogja ke Air Terjun Sri Gethuk.

Ya… Jogja merupakan salah satu destinasi favorit saat kita akan berlibur apalagi untuk perjalanan sekolah seperti Study Tour ini, karna di Jogja ada banyak sekali tempat” atau venue yang bisa kita kunjungi dan nikmati kendiahannya. Nah diantara semua tempat yang kami semua telah kunjungi ada salah satu tempat yang ingin saya bahas dan ceritakan disini. Hmmm?? Kira” apa ya??

Sri Gethuk!! Itulah tempat yang ingin saya bahas ini.. kenapa diantara banyak tempat yang kami kunjungi saya hanya membahas tempat yang ini saja? Karna menurut saya tempta ini adalah tempat yang sangat haru kamu semua kunjungi jika kalian semua hendak berlibur ke Jogjakarta, selain karna keindahannya tempat ini juga mempunyai mitos yang melegenda yang sangat menarik untuk kita simak disini.

Pertama mari kita bahas tentang mitosnya yang beredar mengenai tempat ini. Alkisah, konon dari legenda yang berkambang di sekitaran wilayah air Terjun, daerah itu merupakan tempat atau pusatnya para jin atau makhluk halus berkumpul yang dipimpin oleh Jin yang bernama Anggo Menduro. Tentu kita manusia tidak bisa melihatnya kecuali mereka yang mempunyai keahlian khusus.

 

Nah,tanpa dinyana sang ketua jin ini sangat menyukai segala macam kesenian, dari dramben sampai gamelan.

Di saat tertentu di Air Terjun juga sering terdengar sura gamelan atau suara kerawitan atau disebut hanya merupakan pandulon yang menyuarakan gamelan atau dengan bahasa Jawa disebut pandulon yang suara tersebut kalau di dengarkan di lokasi Padukuhan Menggoran dan sekitarnya suara tersebut berasal dari lokasi air terjun.

Wah jadi teringat dengan misteri di Curug Penganten Bandung ini yang juga terkadang mengeluarkan bunyi gamelan.
Tapi anehnya, kalau didekati suara itu akan hilang, suara tersebut adalah suara dramben dengan suara yang sangat dominan yaitu suara slompret, maka tempat tersebut di kenal sebagai sebutan Slompret atau kemudian di sebut Slempret. Air terjun Sri Gethuk juga dikenal dengan nama Air Terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi Blok Slempret.

Nah, dalam cerita legenda Gamelan ini anehnya juga dapat dipinjam oleh manusia yang mempunyai kemampuan lebih dan juga dapat di manfaatkan untuk tabuan selayaknya gamelan biasa yang dapat kasat mata.

Masih dalam cerita yang sama, di lokasi Slempret ini raja jin Anggo Mendoro menyimpan alat musiknya di beberapa tempat di antaranya di lokasi Mergangsan dan juga Srikethuk. Mergangsan ini berada di sebelah bawah lokasi Sungai

Oya, tempat tersebut disebut Mergangsan karena dipergunakan sebagai tempat menyimpangongso atau gamelan.
Dan Sri Kethuk yang berada di lokasi air terjun, di sebut Sri kethuk ini karena dipergunakan oleh Jin Anggo Menduro sebagai tempat penyimpanan salah satu instrumen gamelan dengan nama Kethuk.

Hingga akhirnya menjelmalah nama air terjun itu menjadi Sri Gethuk.

Nah mungkin itu sekian mengenai mitosnya yang beredar di tempat tersebut.

sri-gethuk-2

Mari kita sekarang membahas mengenai keindahan tempat ini. Jika kamu ingin pergi kesana pertama kamu harus menglewati sungai yang ada disitu caranya adalah dengan mengunakan perahu yang sudah disediakan oleh pengelola tempat itu

sri-gethuk-3

Dan setelah sekitar 4-5 menit kita dibawa naik perahu ini, kita akan tiba pada destinasi utama kita yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Ya.. pada saat sampai disana kalian semua akan dibuat terpukau oleh kenidahan dari Air Terjun tersebut. Karna suasananya yang sejuk, airnya yang bersih dan sangat segar jika kita ingin bermain air disana.

Mungkin sekian itu saja mengenai Keindahan dan Mitos tentang Air Terjun Sri Gethuk ini. Semoga para pembaca sekalian dapat menikmati bacaan ini dan berniat ingin mengunjungi tempat yang sangat indah ini. Sekian dan Terima Kasih.

(Liputan oleh : Theofilus Fernando)

1 Comment

  1. Pingback: Ketoprak Nikmat, Cara Buatnya - puteriputeri.com

Tinggalkan Balasan