Agro Wisata Salak yang dikelola oleh Nanik Nur Fikriyah, S.Pd ini letaknya di Desa Tanjung Harjo Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, JawaTimur.

salak-1

Bojonegoro selama ini memang mempunyai tanaman varietas Salak Khas yaitu : Salak Wedi yang dihasilkan oleh 10 desa di wilayah kecamatan Kapas.

 

Dengan luas total kebun 75 Ha. Kebun Salak yang dikelola oleh Mbak Nanik (panggilan akrabya) luasnya sekitar 3000 m² dengan jumlah pohon mencapai 310 pohon.

salak-3
Mbak Nanik, pemilik Kebun Salak di Kecamatan Kapas, Bojonegoro

Umur pohon Salak di sini sudah mencapai 85 tahun lamanya. Salak Wedi sendiri sudah menjadi sebuah ikon di Bojonegoro, Jawa Timur.Seperti hal nya ikon Apel di kawasan Kota Batu, Malang.

salak-4

Banyak jenis salak yang terdapat di Indonesia. Buah yang biasa disebut snake fruit karena kulitnya yang mirip dengan sisik ular ini tidak hanya terdapat di Bojonegoro saja, namun terdapat di beberapa daerah lain.

salak-5

Tetapi Salak Wedi mempunyai ciri khas tersendiri dibanding yang lain. Buahnya yang besar dan lebih menyegarkan karena tidak hanya didominasi rasa masam saja, namun juga rasa manis, kadang sepat, tapi kadang juga masir, dan teksturnya yang agak berair membuat buah ini berbeda dari buah salak yang lain.

salak-6

Salak yang ditanam di agrowisata milik mbak Nanik, selain Salak Wedi ada 2 jenis lagi, yaitu Salak Menjalin yang rasanya manis dan bisa langsung dimakan, dan Salak Kebo yang cenderung sepat biasa dijadikan sebagai olahan Salak. Biasanya dijadikan manisan Salak yang lezat.

salak-8

Salak Wedi sendiri mempunyai sejarah yang cukup dikenal di kalangan warga Desa Wedi sendiri.

salak-9

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, Salak Wedi ini dibawa oleh seorang ulama bernama Mbah Basyir, begitu kami biasa menyebut nama beliau.

Saya sendiri tahu karena setiap tahun diadakan haul atau kirim doa untuk Mbah Basyir dengan cara berkumpul di masjid sambil membawa berkat (nasi beserta lauknya yang diletakkan di kotak nasi), dan tahlilan yang dihadiri semua warga Desa Wedi.

Konon, Salak Wedi dibawa oleh Mbah Basyir sebagai oleh-oleh dari guru beliau, yaitu  Hadratus Syech Kyai Kholil dari Bangkalan Madura.

Setelah di tanam di tanah Desa Wedi, ternyata pohon Salak ini bisa berkembang biak dengan baik dan akhirnya menyebarlah ke seluruh wilayah Desa Wedi.

Bahkan sampai ke desa-desa di sekitarnya.

salak-7

Ternyata buah Salak sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Buah yang mempunyai nama latin Salacca Zalacca ini memiliki daging buah yang berwarna putih yang ternyata mengandung nutrisi yang cukup tinggi.

salak-2

Berikut ini beberapa manfaat buah Salak bagi kesehatan :

1. Buah Salak untuk Obat Diare
Kandungan serat yang cukup tinggi di dalam buah salak dapat mengobati diare. Serat yang tinggi tersebut ternyata terdapat pada kulit ari buah Salak.

2. Buah Salak untuk Kesehatan Mata
Salak mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan mata. Bahkan kandungannya sampai 5,5 kali lebih besar dari buah wortel, tomat, dan mangga, dan 5 kali lebih besar dari semangka.

3. Buah Salak untuk Diet
Kandungan fitonutrien pada buah Salak sangat bermanfaat untuk seseorang yang sedang menjalankan diet.

4. Buah Salak untuk Mencegah Kanker
Saat makan buah Salak, jangan buang kulit ari-nya, karena menurut penelitian, kulit ari buah Salak yang kaya serat sangat bermanfaat untuk mencegah kanker.

Berdasarkan hasil penelitian Journal Integrative Cancer Therapies, buah Salak yang kaya akan kandungan pektin sangat berpotensi mencegah dan mengobati kanker prostat. Pektin bekerja dengan cara menghambat reproduksi sel kanker serta menurunkan resiko terjadinya kematian sel dalam tubuh kita.

5. Buah Salak untuk Meningkatkan KekebalanTubuh
Kandungan Vitamin C pada Salak mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit.

6. Buah Salak Mengatasi Penuaan Dini dan Melancarkan Proses Regenerasi Kulit
Mengonsumsi buah Salak yang kaya vitamin C ternyata juga ampuh untuk mengatasi penuaan dini dan melancarkan proses regenerasi kulit.

7. Buah Salak Baik untuk Pencernaan
Yang kita ketahui selama ini bahwa apabila terlalu banyak mengonsumsi buah Salak dapat mengakibatkan susah BAB atau konstipasi. Tapi ternyata, kulit ari buah Salak mengandungserat yang cukuptinggi.

Jadi, setiap kali mengkonsumsi buah Salak, janganlah membuang kulit ari-nya, karena kulit ari tersebut dapat melancarkan pencernaan kita.

8. Buah Salak untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak
Berdasarkan hasil penelitian, buah Salak mampu meningkatkan kinerja otak. Kandungan pottasium dan pektin di dalam Salak dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak.

9. Buah Salak untuk Menjaga Stamina
Kalsium yang terdapat pada buah Salak juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh kita.

10. Buah Salak untuk Ibu Hamil
Ibu hamil muda yang kadang mengalami morning sickness sangat cocok mengonsumsi buah ini. Rasa mual dapat diatasi dengan mengonsumsi buah masam ini. Namun, jangan terlalu berlebihan. Imbangi dengan makan-makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacangan.

11. Buah Salak sebagai Antioksidan
Zat anti oksidan yang terdapat pada Salak sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit dan radikal bebas. Selain itu senyawa alami yang ditemukan dalam Salak juga berkhasiat untuk mengatasi resiko penyakit jantung da nkanker pada janin maupun ibu hamil.

12. Buah Salak untuk Mengatasi Anemia
Kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang ada dalam buah Salak sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi sangat berperan penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil memerlukan sel darah merah yang tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil.

13. Buah Salak untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan kalium pada Salak bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Asupan Salak bisa mencukupi jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh.

14. Buah Salak untuk Tulang
Buah Salak juga mengandung kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Khusus untuk ibu hamil, kalsium ini digunakan untuk menyumbang kecukupan kalsium harian, dan membantu membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Selain itu, buah Salak juga membantu ibu hamil agar memiliki stamina yang sehat dan kuat.

15. Buah Salak untuk Membantu Perkembangan Sistem Memori pada Janin
Manfaat buah Salak yang terakhir adalah untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Kandungan pektin dalam buah Salak ternyata juga sangat efektif untuk membangun sistem kecerdasan pada janin.

Salak juga dapat dijadikan sebagai olahan snack, diantaranya :

• Serabi Salak
• Nastar Salak
• Ice cream Salak
• Kopi Salak
• Dodol Salak
• Keripik Salak, dan masih banyak olahan yang lainya.

(Liputan Oleh : Ikbar Rozak Gunsila)

Tinggalkan Balasan