Berbicara mengenai cara menemukan jodoh yang tepat. Berarti kita membicarakan soal ruang dan waktu. Sekarang coba pikir : hal apakah yang bisa mengisi waktu dan ruang kita ?


Jawab: yang bisa mengisi ruang dan waktu kita secara bersamaan, adalah aktivitas-aktivitas dan kegiatan-kegiatan yang kita lakukan/jalani.
Kuncinya ada pada kegiatan.

Kegiatan atau aktivitas adalah hal yang bisa mengisi ruang dan waktu kita secara bersamaan.

Kunci cara mendapatkan jodoh sebenarnya adalah meningkatkan probabilitas atau kemungkinan.
Kemungkinan bertemu dengan jodoh atau pasangan yang tepat adalah tergantung pada ragam dan jenis kegiatan yang kita lakukan dalam mengisi ruang dan waktu kita.

Seseorang yang memiliki ruang yang lebih banyak, artinya dia mampu mengisi waktunya dengan banyak ruang, artinya banyak ruang itu, adalah mudah beraktivitas di beberapa ruang dalam kurun waktu bisa yang dijalaninya. Maka kemungkinan bertemu dengan jodoh yang tepat juga makin terbuka.

Contohnya pukul 09:00 WIB sampai sore pukul 16:00 WIB menjalani aktivitas di kampus, atau di tempat kerja, malamnya mengikuti aktivitas kursus atau les, atau bersosialisasi di tempat-tempat yang memungkinkan untuk memperoleh kenalan baru, misal di aneka tempat olahraga.

Maka aktivitas-aktivitas tersebut yang dijalani dalam ruang-ruang seperti di kampus, kantor dan beberapa tempat (ruang) ini menimbulkan peningkatan rangkaian probabilitas untuk bertemu dengan banyak orang.
Makin banyak ruang yang dimiliki maka makin besar pula probabilitas atau kemungkinannya dalam bertemu dengan jodoh yang tepat.

Waktu yang Tepat

Soal waktu, semua orang memiliki waktu 24 jam dalam hidupnya.
Kuncinya adalah pada kegiatan-kegiatan yang memakan waktu, ini jika seseorang yang sedang mencari jodoh memiliki banyak ruang serta waktu yang bisa diatur untuk melakukan aktivitas dalam banyak ruang, maka dengan sendirinya dia akan meningkatkan probabilitas atau kemungkinan untuk bertemu dengan jodoh yang tepat.

Lain halnya ketika seseorang hanya melakukan aktivitas dalam dua ruang saja secara mayoritas waktu dalam hidupnya. Misal hanya aktivitas di rumah dan di kantor.

Dalam kedua ruang itu, antara rumah dan kantor, memiliki probabilitas bertemu dengan jodoh potensial, jauh lebih jarang ketimbang misal dia menambah ruang aktivitasnya, misal dengan kegiatan sosial, ataupun aktif dalam kegiatan organisasi-organisasi.
Kuncinya pada ruang yang dijalani, makin seseorang menambah ruang dengan menyempatkan waktu, maka kemungkinan bertemu jodoh yang tepat juga makin besar.

Jadi kalau diringkas dalam 7 Cara Menemukan Jodoh yang Tepat adalah :

1. Tambah Kegiatan

aktivitas-2

Dengan menambah aktivitas, berarti seseorang telah menambah ruang dalam hidupnya, dengan menambah ruang dalam hidupnya, berarti seseorang telah menambah kemungkinan untuk bertemu dengan jodoh yang telah dinantikannya.

2. Berada dalam Ruang yang Tepat

aktivitas

Berada dalam ruang yang tepat itu adalah upayakan untuk berada dalam sebuah ‘hub’, apa itu ‘hub’? Dalam istilah bahasa Inggris ‘hub’ adalah ruang yang menghubungkan banyak orang dalam satu waktu.
Misal kebetulan posisi seseorang dalam sebuah ‘hub’ yang ramai dengan aktivitas orang-orang.
Misal seseorang bekerja sebagai pramuniaga, atau karyawan sales dalam sebuah department store, ruangnya mungkin cuma satu yakni department store, namun manusia yang berada dalam ‘hub’ ini banyak juga, serta sering, maka probabilitas seseorang dalam bertemu dengan jodoh yang sama-sama memiliki ketertarikan akan makin besar kemungkinannya.

3. Manfaatkan Ruang Maya

ldr-2

Ruang yang mudah ditambahkan dalam hidup kita tanpa banyak memakan waktu adalah menambah ruang maya. Kini jaman teknologi virtual.
Pada seorang wanita yang telah kesulitan benar mendapat jodoh, sehingga telat menikah, maka dapat menambah ruang-ruang virtual dalam hidupnya.
Bisa mengikuti situs kontak jodoh online yang pasti akan menambah space ruang maya, di mana dalam ruang maya virtual itu dia bisa menambah probabilitas atau kemungkinan bertemu dengan jodoh, atau bisa mengikuti aneka grup chatting dalam media sosial yang juga menambah ruang maya.
Kuncinya tetap menambah ruang dalam kehidupan kita.

4. Hilangkan Sekat-sekat

aktivitas-3

Manusia dalam hidupnya ada yang cenderung restriktif atau memasang sekat-sekat mental, dalam kehidupan sosialnya. Hingga karena sekat-sekat mental yang dipasangnya ini, dia jadi membatasi diri untuk membuka ruang-ruang lagi yang lebih luas.
Orang yang membatasi pergaulan mungkin dilakukan oleh orang-orang yang enggan beraktivitas dan berinteraksi sosial.
Bisa jadi dengan memasang sekat-sekat ini juga makin mengecilkan probabilitas atau kemungkinan seseorang untuk bertemu dengan para kandidat jodoh potensialnya.

5. Perbanyak Silaturahmi

aktivitas-4

Memperbanyak silaturahmi secara tidak langsung juga menambah ruang dan memperpanjang waktu kita bertemu dengan orang lain. Percaya atau tidak, orang yang gemar bersosialisasi dan menambah silaturahmi bertemu dengan banyak relasi, menghadiri banyak pertemuan sosial seperti pesta ulang tahun, pesta pernikahan dan memperbanyak hubungan dengan orang lain akan cenderung meningkatkan kemungkinan bertemu jodoh yang tepat.
Artinya menyediakan waktu untuk bersosialisasi, meskipun dengan para kawan yang sudah lama tidak ketemu. Karena menyediakan waktu untuk kawan-kawan, akan meningkatkan kemungkinan dikenalkan juga pada orang yang tepat.
Jodoh yang tepat, adalah tepat dalam ruang dan waktu. Tepat dalam ruang artinya di dalam ruang-ruang yang dijalani, seseorang bisa meningkatkan probabilitas bertemu dengan jodoh potensialnya.
Selanjutnya akan muncul apa yang dinamakan chemistry, mood, kesesuaian spiritual, seiring waktu-waktu saling bertemu.
Dalam rangka mencari jodoh yang tepat, seseorang harus menyesuaikan antara ruang dan waktu.
Ruang dan waktu seseorang jelas memiliki keterbatasan.
Namun uniknya dalam keterbatasan ruang dan waktu, apabila seseorang bisa memanfaatkan ruang dan waktunya dengan tepat, maka dia bisa menemukan pasangan hidup yang cocok.

6. Bertemu dalam Minat yang Sama

aktivitas-5

Memilih seseorang yang berbagi banyak minat yang sama dengannya, akan tepat dan mendukung pencarian jodoh yang tepat.
Ingat bahwa semua kepentingan tidak benar-benar harus sama, tetapi beberapa kesamaan akan mengantarkan pada kesesuaian.
Ini termasuk cara tepat mengisi waktu. Hal ini sangat penting untuk memilih seseorang yang dapat dengan mudah mengadakan percakapan.
Dengan cara ini, dua orang yang berpotensi berjodoh dapat menikmati saling berbicara tanpa merasa bosan.

7. Menghormati Satu sama Lain
Seseorang yang sedang dalam tahapan akan berpasangan jelas tidak bisa menghabiskan hidupnya dengan calon pasangan yang tidak memiliki rasa hormat untuknya juga pada impian atau tujuannya, bahkan pada kepribadiannya.
Jadi, si pencari jodoh juga bebas memilih seseorang calon pasangan yang akan mengakuinya, menghargainya, untuk dapat menjalani kehidupannya secara sehat dalam kurun waktu ke depan.
(Oleh : Dara)

Tinggalkan Balasan