Sekarang ini, berita hoax mudah sekali tersebar dimana-mana. Masalahnya, penyebaran berita hoax bisa menyebabkan kesalahpahaman. Hal-hal yang buruk bila tersebar tanpa konfirmasi, bisa merugikan banyak pihak.

Faika Putri, Puteri Pewarta Indonesia 2015

Kali ini si cantik Faika Putri Puteri Pewarta Indonesia 2015 bagi-bagi tips agar kamu tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax:

1. Tidak perlu ikut komentar yang aneh-aneh di media sosial.
2. Kendalikan emosimu, jangan mudah terpancing berita hoax.
3. Cermati kebenaran info yang kamu terima.
4. Perbaiki diri sendiri, menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif.
5. Sebarkan hal positif ke sekitarmu, berhenti share berita atau status yang mungkin memicu perselisihan.

Di era digitalisasi saat ini perang itu dilakukan bukan dgn pedang pistol atau sejenisnya. Melainkan dgn minggiring informasi yang belum tentu kebenarannya seolah-olah benar, melalui media sosial. Dan efeknya sangat luar biasa krn bisa memperkeruh suatu keadaan.
“Yuk kita menjadi masyarakat yang cerdas informasi.” Ujar Faika.

Faika adalah seorang sarjana Ekonomi tetapi dia mengaku mendapatkan pendidikan jurnalistik saat di perkuliahan dan organisasi.
“Menurut saya pendidikan dasar jurnalistik itu penting, perlu ditanamkan dan diajarkan kepada pelajar semenjak di bangku sekolah dasar. Hal ini agar siswa berminat dan mau berkecimbung dalam dunia tulis menulis di media manapun.” Ujar gadis bernama lengkap RA Eka Aslihatin Saudiyah Putri ini.

Puteri Pewarta Indonesia 2015, Faika Putri Alhasani

“Adanya pendidikan dasar jurnalistik ini dapat membantu masyarakat untuk mengasah kemampuan menulis yang baik, benar, dan sesuai dengan etika jurnalistik.” Lanjut Faika. (IBoy)

Author

Tinggalkan Balasan