Pertama naik Gunung untuk pemula biasanya Gunung yang dipilih adalah Gunung Papandayan yang berada di Garut Jawa Barat. Karena rute dan jalur untuk mendaki terbilang relatif mudah untuk pemula.

Saya bersama teman-teman saya dari Jakarta menuju Gunung Papandayan menggunakan kendaraan pribadi, jadi sebelum berangkat, saya dan teman saya berkumpul di rumah teman saya yang membawa mobil.

Kami berangkat jam 1 malam untuk menghin dari macet, sekitar jam 5 kami sudah tiba di daerah Garut, sebelumnya kami melewati rumah-rumah warga dan pasar.

Di pasar pun kami sempatkan membeli bahan makanan untuk bekal kami. Saat kami hampir di kaki Gunung Papandayan, kami melintasi kaki gunung-gunung lain seperti Ceremai dan kaki Gunung Cikuray.

Foto sunrise dari kaki gunung Papandayan terlihat Gunung Cikuray.

Sesampainya kami di pintu utama masuk untuk mendaki Papandayan, kami membayar tiket masuk dan memarkir mobil, sekitar jam 7 kami mulai mendaki.

Tak lupa, sebelum mendaki kami bersiap untuk fisik dan berdoa. Tak kurang selama 5 jam lebih kami mendaki, selanjutnya kami pun sampai di tempat perkemahan yaitu Pondok Salada, untuk berkemah dan beristirahat.

Di tempat bernama Pondok Salada ini terdapat kebun Bunga Edelwis yang sangat banyak, biasanya para pendaki berkemah di area ini karena sangat aman, dan pemandangan yang sangat bagus.

Pemandangan Pondok Salada

Kami pun berkemah di Pondok Salada bersama sesama pendaki lain sesampainya disana saya bersama teman saya mengabadikan foto di pohon Edelweiss dan menikmati pemandangan sekitar.

Selanjutnya, kami memakan bekal yang kami bawa, kami pun melanjutkan perjalanan kami ke puncak yang lebih tinggi di perjalanan kami melewati hutan mati yang berada dekat di puncak lalu kami pun sampai ditempat tertinggi Gunung Papandayan 2665mdpl, tidak lupa kami pun juga mengabadikan foto bersama.

 

Setelahnya kami menikmati pemandangan sekitar kami pun turun kembali ke perkemahan Pondok Salada untuk istirahat, di malam hari pun tiba kami menyalakan api unggun bersama.

Pada keesokan harinya kami pun bangun pagi untuk melihat Sunrise diatas puncak gunung.

 

Sehabis itu kami pun bergegas pulang sebelum kami pulang kami mengumpulkan sampah yang berserakan dan membawanya pulang bersama kami agar tidak mengotori lingkungan sekitar tidak lupa kami bersiap fisik dan berdoa saat turun dari gunung.

Ini Foto kami saat berada di Puncak Papandayan.

Sesampainya kami di pos pertama atau pintu masuk awal kami pun bersiap diri menaruh barang-barang ke mobil dan membersihkan badan di toilet umum yang disediakan, dan akhirnya kami pun pulang kembali ke Jakarta dengan selamat.

(Liputan oleh : Lia Mega Putri Rachman)

Tinggalkan Balasan