Air kelapa adalah minuman yang sangat populer dan dikonsumsi oleh orang-orang dari segala usia di seluruh dunia. Manfaat Air Kelapa untuk penyembuhan dan bersifat obat.

Manfaat Air Kelapa.

Kelapa juga mudah tersedia di seluruh negeri dan terjangkau juga. Ini adalah hadiah dari alam yang menguntungkan kita baik secara internal maupun eksternal ketika kita konsumsi.

Aiu kelapa  telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dari sejak jaman nenek moyang kita. Air kelapa kini juga telah digunakan untuk segala sesuatu, dari tonik obat dalam lotion tropis, untuk minuman pemulihan olahraga, karena kandungan tinggi kalium dan antioksidan.

Air kelapa memiliki kadar gula kurang dari setiap minuman olahraga lain, dan jauh lebih sedikit gula dari soda dan beberapa jus buah. Pada hari tertentu, air kelapa selalu merupakan pilihan yang lebih baik untuk anak-anak dan orang dewasa mencari minuman. Ini adalah cara yang paling alami untuk mengisi pasokan elektrolit dalam tubuh kita dan mencegah dehidrasi dan keasaman.

Orang Hawaii menyebut air kelapa sebagai “Noelani”, yang berarti ‘Dewi dari langit’. Nama ini mencerminkan keistimewaan Kelapa.

Manfaat Air Kelapa

  1. Kesehatan:

Minum air kelapa dapat menyelamatkan kita dari berbagai masalah kesehatan terkait.  Pada kandungan air kelapa ini berisi banyak suplemen dan nutrisi yang diperlukan untuk mempertahankan hidup. Antara lain :

Potasium  :Ini membantu untuk menurunkan tekanan darah arteri

Glukosa : Ini bertindak sebagai gula yang diperlukan untuk energi.

Vitamin C : Ini melindungi tubuh dari beberapa penyakit.

Vitamin B : Ini membantu dalam penggantian usang jaringan.

  1. Untuk Hydrating atau asupan air  bagi tubuh:

Air kelapa secara luas dikenal untuk menggantikan mineral dan cairan yang kita hilang selama kegiatan fisik. Orang-orang yang bekerja di luar secara teratur harus minum banyak air kelapa.

  1. Anti Penuaan:

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan sel dan regulasi mereka. Ini memiliki signifikan zat anti-penuaan, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan ikat terhidrasi dan kuat.

  1. Kesehatan  Kardiovaskular:

Air kelapa kaya akan magnesium dan kalium dan membantu bagi orang yang menderita tekanan darah rendah. Hal ini juga mengurangi risiko serangan jantung. Air kelapa mengatur sirkulasi darah dan mencegah pembentukan plak. Minum air kelapasecara teratur memberikan kontribusi untuk kesehatan dan mencegah stroke jantung. Air kelapa juga membantu meningkatkan kolesterol baik, yang membuatnya menjadi pengobatan yang indah untuk menjaga kesehatan jantung yang baik.

  1. Meningkatkan Tingkat Metabolik:

Mengkonsumsi secara teratur air kelapa meningkatkan tingkat metabolisme yang membantu untuk membakar gula lebih cepat. Akibatnya, tingkat insulin dalam tubuh seseorang membakar lebih cepat. Jadi seseorang memiliki lebih banyak energi dan kehilangan lemak lebih cepat.

  1. Pengobatan Batu Ginjal:

Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena kehadiran kalium, yang memainkan peran kunci dalam alkalisasi urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

  1. Pencernaan:

Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, polimerase RNA dan sebagainya. Enzim ini membantu dalam pencernaan mudah dan metabolisme. Air kelapa juga memiliki mineral seperti kalsium, mangan dan seng dari beberapa buah-buahan seperti jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, piridoksin, dan folat. Tubuh manusia membutuhkan mereka dari sumber eksternal untuk mengisi dan karenanya Hal ini menjadi sangat penting untuk tubuh manusia.

  1. Meningkatkan Energi:

Dengan berlimpahnya nutrisi penting dalam kandungan air kelapa, air kelapa membuat energi minuman yang indah. Air kelapamemiliki sedikit gula dan kandungan natrium dan memiliki kandungan tinggi kalium, kalsium dan klorida yang membantu untuk melembabkan, mengisi dan meremajakan tubuh.

  1. Mengobati Dehidrasi:

Air kelapa telah digunakan untuk mengobati dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma konten dalam air kelapa telah ditemukan untuk menjadi serupa dengan darah manusia. Baik sekali minum air kelapa setelah latihan olahraga untuk membantu untuk mengisi cairan tubuh kembali.

  1. Mencegah Otot Kram:

Salah satu manfaat terbesar dari air kelapa adalah bahwa hal itu mencegah kram otot. Air kelapa yang tinggi kalium, yang kekurangan dapat menyebabkan kram otot.

  1. Tulang Kuat:

Air kelapa kaya akan kalsium dan diperlukan untuk kesehatan tulang, otot dan juga jaringan.

  1. Mengelola Stres:

Minyak kelapa terdiri dari turunan B Vitamin seperti riboflavin, thiamine dan asam pantotenat yang membantu mengurangi stres, kecemasan dan depresi.

  1. Kandungan diuretik :

Air kelapa adalah efektif sebagai diuretik karena mempercepat aliran urin. Air kelapa dicampur dengan jus lemon tidak hanya membantu dehidrasi, tetapi juga membantu untuk menyembuhkan cacing usus pada anak-anak.

13.Mengobati  Kembung:

pengobatan dan pencegahan  Kembung adalah salah satu manfaat kesehatan atas air kelapa.  Air kelapa sering meminimalkan perut kembung dan membuat orang merasa lebih nyaman.

  1. Menurunkan Berat Badan:

Air kelapa memiliki waktu dan lagi terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman ini telah dilihat sebagai salah satu cara sehat untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Air kelapa telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan telah menunjukkan hasil yang positif. Selain itu hal ini sangat enak, sehingga Anda dapat menikmati kebaikan air kelapa sebagai jus di pagi hari.

  1. Kontrol Diabetes:

Air kelapa juga membantu untuk mengontrol diabetes. Air kelapa, bila dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ini membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa dibatasi karena pembentukan plak dalam diri mereka dan membantu darah mengalir lancar melalui mereka. Hal ini juga membantu untuk memerangi aterosklerosis.

16.Menetralkan Efek Racun:

Air kelapa hijau adalah obat terbaik untuk beberapa penyakit seperti sembelit, mulas, menetralkan racun, demam berdarah dan disentri.

  1. Antioksidan:

Antioksidan di kelapa bantuan air dalam memerangi radikal bebas; juga membantu untuk mengurangi pembengkakan di tangan dan kaki. Ini membantu untuk mengatasi efek toksik dari antibiotik dan obat sulfa. Sehingga sangat berguna bagi pasien karena membantu untuk menyerap obat dengan mudah.

  1. Mengurangi Tekanan Darah:

Tingkat salah elektrolit dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Air kelapa mengandung keseimbangan yang sempurna dari elektrolit maka, dapat digunakan sebagai mekanisme balancing. Dokter kadang-kadang merekomendasikan bahwa air kelapadikonsumsi pada awal setiap hari oleh pasien tekanan darah untuk menyeimbangkan elektrolit.

B.Manfaat Air kelapa untuk Kulit

  1. Sebagai Pelembab:

Air kelapa dapat digunakan sebagai pelembab selama kedua musim panas dan musim dingin. Ini memiliki konsistensi ringan dan bisa menjadi pelembab yang sangat baik yang dapat diterapkan di seluruh tubuh. Ini adalah pelembab yang ideal untuk orang-orang dengan kulit berminyak karena membantu untuk mengurangi sifat minyak berlebih. Konsumsi air  kelapameningkatkan kelembaban alami kulit dari dalam.

  1. Hidrasi  Kulit:

Hidrasi kulit sangat penting. Karena bahaya Dehidrasi dapat melemahkan semua pesona dan mengkeriputkan kulit. Air Kelapameremajakan kulit dan kusam dan kering, juga menanamkan cahaya ke wajah. Ia memiliki sifat alami yang menghidrasi kulit memberikan cahaya dan kehalusan pada wajah Anda selalu.

  1. Sirkulasi  Oksigen:

Miskin hasil sirkulasi oksigen dapat mengakibatkan kotoran sisa metabolisme sel diendapkan pada kulit. Masing-masing dan setiap sel dalam tubuh membutuhkan jumlah oksigen yang cukup, yang hanya mungkin melalui sirkulasi darah yang tepat dalam tubuh yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Air kelapa sangat efektif dalam meningkatkan sirkulasi yang tepat dalam tubuh, sehingga memungkinkan kulit untuk bernapas banyak oksigen yang sehat yang pada gilirannya menjadikan kulit yang sehat dan sempurna.

  1. Anti-penuaan:

Penuaan kulit adalah masalah yang paling umum untuk semua orang, selian dari faktor usia, penuaan dini bisa diakibatkan polusi dan kosmetik sarat kimia yang mencuri keindahan alami Anda. Kehadiran sitokinin dalam air kelapa memiliki sifat anti-penuaan. Untuk terlihat lebih muda, minum air kelapa secara teratur untuk menjaga kulit Anda segar, sehat dan bercahaya.

23.Meminimalisir Kulit terbakar terkena matahari:

Sun tan atau bekas kecokelatan terbakar matahari adalah masalah umum untuk semua orang. Masing-masing dari kita mendapat kulit kecokelatan bahkan gosong karena kontak yang terlalu lama matahari. Air kelapa juga bisa mengatasi masalah ini dengan mudah. Campur parutan kelapa dengan air kelapa dan gunakan sebagai scrub alami ini setiap hari. Hal ini akan menghapus semua tanda kulit terbakar matahari danm embuat  kulit bercahaya dan bersinar. Ini adalah scrub alami yang dapat Anda gunakan sehari-hari tanpa khawatir tentang bahan kimia.

  1. Mencegah Infeksi  Kulit:

Masalah kulit lainnya yang kebanyakan dari kita menderitanya adalah infeksi kulit, terutama selama musim hujan dan musim panas. Air kelapa memiliki banyak manfaat penyembuhan, anti-virus, anti-mikroba, dan anti-jamur dan kandungan yang menjaga kulit aman dari infeksi. Anda dapat menerapkannya secara langsung pada kulit atau bahkan bisa mencampurnya dalam air mandi Anda. Kedua Cara ini dapat mengobati infeksi untuk sebagian besar masalah kulit.

  1. Kulit Berminyak:

Air kelapa adalah berkah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi orang-orang berkulit berminyak. Air kelapa membantu untuk mencuci kelebihan minyak dari kulit, membersihkan minyak dan membuat warna kulit lebih cerah. Orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki wajah mengkilap. Air kelapa membantu untuk mengontrol kandungan minyak berlebih dan memberikan cahaya alami untuk wajah.

  1. Untuk jerawat dan noda:

Mencuci muka dengan air kelapa secara teratur juga dapat menghilangkan jerawat, flek hitam, keriput dan noda di kulit. Jerawat membandel juga dapat diobati dengan membuat campuran dengan 25 gram parutan kunyit dengan segelas airkelapa. Tinggalkan ini semalam, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk kayu cendana merah dan aduk semua bahan baik. Simpan campuran ini tidak terganggu selama 3 hari. Saring campuran dan oleskan pada wajah sampai jerawat menghilang.

  1. Antioksidan:

Air kelapa kaya akan antioksidan yang membantu untuk menghilangkan radikal bebas yang yang merusak kulit. Radikal bebas berasal dari stres dalam tubuh kita sendiri. Stres emosional mengurangi aliran darah ke kulit kita dan berkontribusi terhadap proses penuaan. Mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah tinggi meningkatkan kesehatan kulit dan vitalitas, dan menghilangkan radikal bebas yang merusak dari tubuh.

  1. Manfaat Air Kelapa Untuk Rambut:
  1. Mengurangi Rambut Rontok:

Masalah  kerontokan rambut dapat diatasi dengan air kelapa, karena khasiatnya meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, memperkuat folikel rambut dan meningkatkan kepadatan rambut.

  1. Melawan Kekeringan Rambut:

Kusam, kering dan rapuh akibat radiasi dan polusi pada rambut sulit untuk dihilangkan dan kurang  sedap dipandang juga. Memijat rambut Anda dengan air kelapa sebelum mandi akan membantu Anda untuk menyingkirkan rambut kasar dan sulit diatur dan akan membuat rambut Anda lembut, halus dan mudah diatur.

  1. Mencegah Kerusakan Rambut:

Dengan kandungan Asam laurat, hadir dalam air kelapa memberikan kemampuan pendingin. Asam laurat melindungi protein rambut dan melindungi akar dari helai rambut dan mencegah kerusakan rambut.

  1. Melembutkan rambut:

Air kelapa juga melembabkan rambut dan memiliki kemampuan menembus ke dalam batang rambut dengan melembutkan rambut dari dalam. Air kelapa dapat dikonsumsi dan juga dapat digunakan untuk mencuci rambut.

  1. Membantu Pertumbuhan Rambut:

Kandungan Antibakteri, anti-jamur  dalam air kelapa melindungi kulit kepala terhadap ketombe, kutu dan gatal kulit kepala, yang semuanya dapat menghambat pertumbuhan rambut.

  1. Memberikan Rambut bercahaya:

Kelapa merupakan sumber yang kaya rambut mencintai nutrisi seperti vitamin, Vitamin K dan besi. Nutrisi ini penting untuk menjaga rambut Anda bersinar dan kelembutan.

  1. Manfaat Air Kelapa Selama Kehamilan:

Dengan manfaat luas tersebut, maka tidak mengherankan bahwa memiliki air kelapa selama kehamilan sangat bermanfaat.

  1. Melawan Bakteri:

Air kelapa secara alami steril dan sangat baik untuk wanita hamil karena membantu untuk meningkatkan kekebalan dan kesehatan ibu dan bayi. Anti-bakteri, anti-jamur mencegah infeksi dan penyakit selama kehamilan.

  1. Memberikan kebaikan pada janin:

Ahli kesehatan baik ahli herbal dan medis kerap menyarankan minum air kelapa yang dicampur dengan kunyit secukupnya. Hal ini memberikan bayi kulit yang sehat dan  lembut.

  1. Melawan Keasaman:

Wanita hamil kebanyakan menderita masalah keasaman. Obat-obatan harus dihindari pada tahap ini. Jadi air kelapa adalah obat herbal alami terbaik untuk keasaman.

  1. Melawan Infeksi:

Sifat diuretik yang alami mengobati infeksi saluran kemih pada wanita hamil. Minum air kelapa meningkatkan aliran urin dan menghilangkan infeksi ini secara alami.

  1. Kesehatan Janin:

Air kelapa meningkatkan kadar cairan ketuban dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan janin.

  1. Sepenuhnya Alamiah:

Air kelapa alami  yang langsung dibuka dari buah kelapa segar, bebas dari penyedap buatan dan pewarna buatan, bebas pula dari gula buatan, sirup fruktosa tinggi atau bahan kimia lainnya yang harus dihindari oleh wanita hamil dan janinnya.

  1. Mengandung Nutrisi:

Perkembangan janin menerima dorongan yang unik dari berbagai vitamin, nutrisi dan anti-oksidan hadir dalam air kelapasegar. Air kelapa adalah salah satu sumber terbaik untuk mencegah masalah kesehatan pada ibu hamil karena menyegarkan tubuh dengan vitamin dan serat. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sangat penting bagi keduanya, ibu dan bayi. Segelas air kelapa setiap hari akan bermanfaat untuk hidup sehat.

Sekarang Anda tahu bagaimana menguntungkan air kelapa, hanya minum dan merasakan perbedaan dalam diri Anda.

Berikut tabel kandungan Nutrisi dari Air kelapa :

KANDUNGAN DALAM AIR KELAPA NILAI PERSENTASE
Energy 19 Kcal 1%
Carbohydrates 3.71 g 3%
Protein 0.72 g 1.5%
Total Fat 0.20 g 1%
Cholesterol 0 mg 0%
Dietary Fiber 1.1 g 3%
VITAMINS
Folates 3 µg 0.75%
Niacin 0.080 mg 0.5%
Pantothenic acid 0.043 mg <1%
Pyridoxine 0.032 mg 2.5%
Riboflavin 0.057 mg 4%
Thiamin 0.030 mg 2.5%
Vitamin C 2.4 mg 4%
Vitamin A 0 IU 0%
Vitamin E 0 mg 0%
Vitamin K 0 mcg 0%
ELECTROLYTES
Sodium 105 mg 7%
Potassium 250 mg 5%
MINERALS
Calcium 24 mg 2.4%
Copper 40 mcg 4.5%
Iron 0.29 mg 3.5%
Magnesium 25 mg 6%
Manganese 0.142 mg %
Zinc 0.10 mg 1%
PHYTO-NUTRIENTS
Auxin (Gibberlin) tersedia/present
Carotene,ß 0 µg
Cytokines tersedia/present
Lutein-zeaxanthin 0 µg
Leucoanthocyanin tersedia/Present

 

(Imung)

Tinggalkan Balasan