Di mata wisatawan Internasional, negara kita  Indonesia dikenal memiliki banyak Pantai Indah dan menakjubkan. Tempat-tempat Pantai Indah ini akan menyediakan Anda dengan waktu terbaik untuk bersantai dan juga untuk menghabiskan liburan. Dikompilasikan oleh puteriputeri.com,  di bawah ini adalah beberapa informasi  atas 12 pantai yang paling indah di Indonesia, yang bernuansa ‘Sangat Liburan’ alias ber-atmosfer “Liburan Banget’ :

1. Pantai Nihiwatu (Nihiwatu Beach), Sumba
Pantai Nihiwatu ini menempati nomor 17 di 100 pantai terbaik  dunia versi CNN. Dalam semua hal yang mencakup pemandangan dan akomodasi untuk wisatawan maka Pantai Indah ini adalah yang sempurna.
Hanya memerlukan satu jam penerbangan dari Bali kemudian 90 menit berkendara menuju Nihiwatu, anda akan menemukan pemandangan yang  luar biasa pantai yang bersih pasir, air yang sejernih kristal, cenderung sepi dan hampir tidak ada orang pada hari kerja pada musim bukan liburan, serta pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Intinya, Nihiwatu  sangat mengesankan.
Untuk peselancar pantai ini pasti menarik. Wisatawan juga berkesempatan untuk bergabung dengan penduduk setempat, melihat karena mereka menjelajahi bagian dari karang terdekat  untuk mencari gurita, kepiting dan rumput laut.
2. Pantai Canggu, Bali
Pantai Canggu berada di nomor 39 pada 100 pada pantai terbaik Dunia versi CNN . Pantai Indah ini sempurna untuk surfing dan memiliki  gelombang yang mengasyikkan bagai para peselancar.
Suasana pantai yang bersahaja dan suasana santai masyarakatnya. Ada sedikit kehidupan malam di sini dimana  wisatawan mancanegara kerap kembali lagi ke Pantai Canggu.
3. Pantai Derawan (Derawan Beach), Kalimantan Timur
Pulau Derawan bertengger di nomor 63 pada 100 pantai terbaik dunia versi CNN. Akomodasi wisata yang luwes dan sederhana di sini, dan itulah yang membuat pantai Derawan berkesan sebagai pantai yang awet perawan.
Sebagian besar pengunjung akan dapat melihat penyu  pada pantai yang pasirnya putiih bersih.
Perairan sekitar Derawan dikenal pula sebagai rumah bagi pari manta dan penyu hijau. Sungguh Pantai Indah.
4. Tanjung Bira, Sulawesi Selatan
Tanjung Bira populer untuk pasir putih seperti tepung.
Tanjung Bira terletak sekitar 5 jam dari kota Makassar. Tempat ini dikenal sebagai lokasi yang terbaik untuk melihat dan merasakan keindahan pantai pasir putih yang halus seperti tepung. Tanjung Bira terletak di Bulukumba dan merupakan bagian dari Pulau Sulawesi.
5. Gili Trawangan dan Gili Meno, Nusa Tenggara Barat
Banyak orang penasaran pada kedua  Gili Trawangan dan Gili Meno, dan membuat banyak wisatawan mengadakan perjalanan singkat setelah dari Bali. Kawasan ini telah terkenal di dunia Internasional sebagai tempat paling santai di Dunia.
Tak ada kendaraan bermotor maka tak ada polusi timbal di udara. Serta  penduduk setempat yang sangat ramah pada para wisatawan. Wisatawan terkesan karena di dekat pantainya terdapat tempat tidur gantung untuk beristirahat tanpa batas.
6. Pantai Kanawa (Kanawa Beach), Flores
Jika Anda mencari liburan romantis yang sempurna, maka Pantai Kanawa adalah jawabannya. Pantai Kanawa adalah pantai berpasir putih yang berliku, pulau kecil ini terletak di Taman Nasional Komodo dan kerap dituliskan dalam media mancanegara bahwa Pantai Kanawa adalah Pantai Indah, surga, baik di atas dan di bawah permukaan lautnya.
Hanya beberapa langkah dari pasirnya yang halus, terhampar variasi yang luar biasa dari kehidupan bawah laut. Anda tidak harus menyelam untuk melihat sekumpulan  barracuda, aneka ikan, kura-kura laut,  dan ikan kelelawar, ikan napoleon atau bahkan hiu karang. Cukup snorkeling di air dangkal dan Anda akan menemukan diri anda  berada di dunia keaneka-ragaman biota laut. Karang yang sehat dan visibilitas menakjubkan. Berenang sedikit lebih jauh ke sisi lain pulau untuk menemukan sebuah tempat terpencil yang sempurna yang romantis.
7. Pantai Jimbaran, Bali
 Pantai Teluk Jimbaran (Jimbaran Bay) terdiri dari beberapa daerah pantai yang memiliki  tebing, bukannya satu hamparan pasir panjang seperti Kuta Beach. Dengan pantai yang menghadap ke barat, pantai Jimbaran menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Pantai Jimbaran merupakan tempat yang paling populer untuk sesi pemoretan sunset, dan merupakan  pantai yang panjang di selatan Bandara Ngurah Rai, Bali.
Seorang pembaca setia puteriputeri.com bernama Imam Drajat mengisahkan pengalamannya makan malam di pantai Jimbaran  :

 

“Sambil menikmati keindahan kota bali di malam hari saya bersama teman – teman memilih untuk makan malam di sebuah pantai yaitu di Pantai Jimbaran Bali merupakan salah satu tempat wisata di Jimbaran bali yang sangat terkenal sampai ke manca negara, menu yang di sediakan adalah makanan khas laut, di Pantai Jimbaran saya hanya sekedar makan malam saja setelah itu saya bersama teman – teman pulang untuk beristirahat karena sudah sangat lelah”

8. Pulau Belitung, Bangka Belitung
Belitung atau Belitong adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Meskipun pulau ini terkenal dengan lada putih dan pertambangan mineral jenis-C seperti timah putih, pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan bebatuan granit, sebenarnya Pulau Belitung adalah pulau istimewa dengan granit indah berbatu, kehijauan laut biru, dan putih pantai berpasir yang jarang ditemukan di manapun.
Bangka-belitung terkenal memiliki deretan Pantai Indah, yang memukau para wisatawan
9. Pantai Peucang (Peucang Beach), Banten
Ujung Kulon merupakan kawasan konservasi badak jawa yang terancam punah. Namun, wisatawan diperbolehkan untuk mengunjungi Pulau Peucang yang memiilki pasir putih di pantainya. Terletak di Ujung Kulon, Provinsi Banten, Indonesia.
10. Pantai Dreamland (Dreamland Beach), Pulau Bali
 Pantai Dreamland adalah Pantai Indah yang terletak di semenanjung Bukit, di pulau Bali. Pantai ini menyediakan akomodasi dasar dan kafe  untuk para peselancar dan turis. Hal ini juga terkenal karena pantainya yang cukup menantang bahaya bagi para peselancar.
Berikut kisah seorang pembaca puteriputeri.com, Adhi Isayadi menceritakan pengalamannya berlibur di Pantai Dreamland Bali :

Hi apa kabar sobat puteriputeri.com semuanya.
Kali ini penulis akan menceritakan Wisata ke Pulau Dewata Bali, Tepatnya di pantai Dreamland. Dari nama tempatnya saja sudah keliatan keren ya para pembaca sekalian. Saya Adhi Isayadi (20) akan menceritakan pengalaman saya dan teman-teman saya saat berlibur ke Pulau Dewata Bali.

Pada liburan akhir tahun,  saya dan teman-teman memutuskan untuk berlibur ke pulau Dewata Bali, dengan destinasi di Pantai Dreamland, karena banyak bilang keindahan pantainya sangat eksotis. Dan benar saja sesampai disana memang benar keindahan dipulau Bali sangat luar biasa, jadi pantas saja jika kalangan artis berwisata atau berbulan madu di pulau Dewata ini ya.

Bila berlibur kesana, para pembaca maka akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa dan pantainya pun disana sangat bersih dan terawat.

Dari segi makanan/minuman disana pun harganya terjangkau tidak terlalu mahal, tetapi harus diingat disana harus membuang sampah pada tempatnya guna menjaga keindahan pantai. Masyarakat Bali pun d isana ramah-ramah dan berbaur dengan para wisatawan/pelancong. Jadi pemandangan dan suasana disana sangat enak dan bisa melepaskan rasa stress ya para pembaca sekalian.

Ada nilai dan moral tersendiri yang saya ambil dalam melakukan perjalanan wisata ke pulau Dewata Bali. Yaitu Indonesia sangat Indah akan kekayaan alamnya, Terutama dari segi lautnya yang begitu eksotis, Jadi kita harus bangga menjadi warga INDONESIA. “Saya cinta INDONESIA” MERDEKA.
Demikian pengalaman saya berlibur dipulau Dewata.Semoga info ini membuat para pembaca putriputeri.com tertarik untuk berkunjung ke Pulau Dewata Bali.

“”Lagi jalan sambil ketawa
Ga taunya ditimpuk batu
Terima kasih atas perhatiannya
Semoga kalian Sukses selalu””Salam khas puteriputeri.com, liputan Dreamland oleh : Adhi Isayadi.
11. Pantai Lasiana.
Berikut pengalaman  pembaca puteriputeri.com bernama Agustina yang mengisahkan pantai Lasiana, Kupang.
Pantai Lasiana berada di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima atau sekitar 12 Km arah Timur Kota Kupang.
Pada akhir 2016, Aku dan teman-teman ke pantai Lasiana yang berada di kelurahan Lasiana kecamatan Kelapa Lima atau sekitar 12 km arah timur kota Kupang.
Pantai Lasiana adalah pantai berpasir putih, dengan batu karang, dan air yang tenang nyiur dan melambai, dan naungan pohon lontar yang indah.
Di Pantai Indah ini, sambil menikmati air kelapa mudah dan nira manis, jagung bakar yang harum,pisang bakar, dan es kelapa muda dengan manisan gula air asli juga menjadi santapan yang enak di nikmati.
Di pantai Lasiana dapat dilakukan rekreasi pantai seperti memeancing, renang, sepak bola, karaoke, dan lain hiburan.
Lasiana terletak pada jalur transportasi utama pulau timor dan senantiasa melayani angkutan umum dengan intensitas tinggi,baik ojek maupun kendaraan sewaan. Di sini sudah ada home stay dan restaurant yang dapat melayani kebutuhan wisatawan.
Juga terdapat kolam renang untuk anak dan tempat untuk membilas badan setelah mandi dan berenang di laut.
  Aku dan teman-teman menikmati air laut yang jernih dan sejuk dan melihat pasir putih yang sangat indah, dan di pinggir pantai aku melihat banyak perahu-perahu para nelayan.
Di Pantai Indah ini aku juga belajar banyak hal yang patut dicontoh, yaitu membuang sampa pada tempatnya.
Karena aku melihat di sepanjang pantai lasiana tidak ada sampah yang berserakan.
Di pantai juga aku melihat banyak binatang-binatang  laut yang sangat unik dan lucu seperti keong, ketam dan kepiting kecil yang berlarian di pantai.
 Selesai berenang di pesisir pantai, kami pun pergi membilas badan, dan sore harinya kami pun membeli jagung bakar untuk kami menikmati bersama.
Pada malam hari nya kami membuat api unggun di pinggir pantai sambil kami bernyanyi dengan alat musik yang kami bawah yaitu gitar,kami bernyanyi sambil memandang bulan yang sangat indah, dan selesai kami menikmati malam yang sangat indah yang penuh kebahagiaan kami pun beristirahat di tenda kami masing-masing.
Pada keesokan harinya kami menyewa sebuah perahu milik nelayan bertujuan untuk lebih mengenal keindahan yang ada di dasar laut. Selesai kami berkeliling menggunakan perahu kami pun memesan es kelapa muda yang sangat segar untuk menghilangkan rasa haus, kami minum es kelapa muda sambil memandang pantai dengan pukul an ombak yang tenang dengan angin sepoi-sepoi menambahkan suasana yang lebih rame.
Sore harinya kami bersiap-siap untuk pulang. Kami pulang dengan membawa kenangan yang tak terlupakan.
Untuk Tiket Masuk ke pantai Lasiana perorang cukup membayar Rp. 1.000,- dan ongkos parkir Rp. 1.000untuk Motor dan Parkir Rp. 2.000 untuk Mobil. (Oleh : Agustina)
12. Berkunjung  ke  Pantai Monalisa Nabire – Papua  yang Indah

 

Pantai Monalisa ini sungguh elok, berikut pengalaman Penius Kogoya, yang mengisahkan keindahan pantai Monalisa, Nabire, Papua.

Pembaca puteriputeri.com untuk mengisi waktu liburan panjang, pembaca bisa coba jalan-jalan ke tempat wisata Pantai Monalisa yang terletak di Kabupaten Nabire – Papua.

Di manakah itu tempat wisata yang unik ini ?

Ini dia tempat wisata tersebut berada di Bumi Cendrawasih, Papua. Terletak di Kabupaten Nabire, Namanya Pantai Monalisa.

Tempat ini pada hari biasa memang kelihatan sepi, namun jika masa liburan datang atau pada hari Raya Natal atau Tahun Baru, pantai ini dibanjiri oleh pengunjung dari anak-anak sampai orang tua dan biasanya datang bersama-sama dengan keluarga.

Sebagian dari mereka datang ke Pantai Indah ini ada yang sekedar melepas penat hari kerja, ada juga yang berlibur menikmati suasana pantai, dan angin sepoi-sepoi alami, pepohonan, dan berenang, bermain di pantainya yang terkenal dangkal dan indah.dan ada juga datang untuk berpacaran di sore hari, Pantai Monalisa tempatnya strategis begitu indah pemandangan, cocok untuk menyejukkan pikiran.

Pantai Indah ini terletak di Desa Samabusa, Distrik Sriwini Bawah, dan berjarak 100 KM sebelah timur Kota Nabire.

Untuk menuju ke lokasi, dapat menggunakan motor ataupun mobil dalam jangka waktu 1 jam  saja.

Fasilitas yang ada di Pantai Monalisa ini juga memuaskan baik, seperti tersedianya tempat duduk  viila, dan juga pendopo-pendopo, yang bisa digunakan sebagai tempat ‘ngadem’.

Ada juga restoran dua tingkat yang bahwa tempat makan, yang atas  tempat pertemuan, untuk dipakai pada acara tertentu yang diadakan di pantai tersebut.

Tiket  masuk Pantai Monalisa Rp 20.000 per orang.

Selain itu juga ada penyewaan ban untuk berenang ke pantai, mulai ban yang kecil sampai besar dan untuk biaya sewanya mulai dari harga Rp 5.000 sampai dengan harga Rp 20.000,-.

Ibu Yoweni petugas yang mengelola Pantai Monalisa, menjelaskan pantai  ini belum banyak terkenal di masyarakat luas karena masih kurang aktifnya berpromosi pada media sosial seperti facebook, instagram, dan media lainnya.

Harapan ke depan pemerintah daerah harus memperhatikan, dan juga mempromosikan pada khalayak di dalam negeri maupun di dunia Internasional, sehingga banyak yang mengunjungi Pantai Monalisa tersebut.

Jangan khawatir untuk terlalu jauh bersantai di akhir pekan?

Jadwalkan saja ketika libur akhir tahun nanti. bisa pergi ke  Pantai Monalisa akan menjadi wisata mengasyikkan bagi keluarga, dengan pacar, atau sendiri.

Luangkan waktu untuk berkunjung ke Pantai Monalisa ini, untuk lebih mengenal keindahan alam Papua yang menakjubkan. (Liputan Pantai Monalisa Oleh : Penius Kogoya)

 

Itulah  beberapa pantai yang indah di negeri kita Indonesia.  Jangan ragu untuk mengunjungi ke-duabelas pantai di negeri sendiri ini karena semuanya menakjubkan. (imung)
Baca Juga :

Tinggalkan Balasan